Cara Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut merupakan bau tidak sedap yang berasal dari mulut atau nafas seseorang. Bau mulut, atau dalam istilah medis disebut dengan halitosis atau oral malodor ini bisa terjadi karena berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut seperti kebersihan mulut kurang terjaga, adanya penyakit atau gangguan kesehatan, mengonsumsi obat-obatan, dan kebiasaan merokok. Meskipun begitu, ada banyak cara menghilangkan bau mulut yang dapat Anda lakukan sehingga Anda terbebas dari bau mulut. Berikut ini adalah beberapa caranya :

Rajin menggosok gigi

Menggosok gigi adalah rutinitas yang wajib Anda lakukan. Gosoklah gigi Anda sekurang-kurangnya 2 kali dalam sehari. Selain pada saat mandi, menggosok gigi sebaiknya dilakukan setelah makan dan sebelum tidur. Ketika menggosok gigi juga jangan terlalu kencang karena justru akan merusak gigi dan melukai gusi.

Jaga kebersihan lidah

Selain menggosok gigi, cara menghilangkan bau mulut dengan membersihkan lidah juga perlu dilakukan. Lidah yang kotor akan menimbulkan penumpukan bakteri yang dapat menyebabkan mulut menjadi bau. Ada alat khusus semacam pengikis yang berfungsi untuk membersihkan lidah. Alat ini dirancang untuk memberi tekanan pada saat membersihkan lidah, sehinga mampu mengangkat sisa-sisa makanan dan penumpukan bakteri.

Berkumur dengan obat kumur 

Cara selanjutnya adalah dengan menggunakan obat kumur. Obat kumur sangat efektif untuk menghilangkan bau mulut. Itu sebab obat kumur dapat membantu menghilangkan plak atau karang gigi. Selain itu, obat kumur juga memberi efek segar yang membuat nyaman mulut Anda. Berkumurlah dengan obat kumur secara rutin setelah menggosok gigi dan setiap bangun tidur.

Perbanyak minum air putih

Rajin mengonsumsi air putih dapat juga digunakan sebagai cara menghilangkan bau mulut yang aman dan sehat. Banyak mengonsumsi air putih, setidaknya 8 gelas setiap harinya dapat mencegah panas dalam dan dehidrasi. Dehidrasi juga sangat erat kaitannya dengan timbulnya bau mulut. Ketika tubuh kita mengalami dehidrasi, maka kita akan mudah terkena panas dalam dan mulut kering yang mengakibatkan bau pada mulut.

Bahan Herbal  Penghilang Bau Mulut

Cara menghilangkan bau mulut yang berikutnya adalah dengan menggunakan bahan-bahan alami. Berbagai bahan alami yang tentunya mengandung nutrisi dan vitamin yang berguna untuk tubuh juga dapat membantu menghilangkan bau pada mulut. Diantara bahan-bahan tersebut adalah:

Green tea (teh hijau)

Teh hijau ternyata dapat membantu menghilangkan bau mulut. Teh hijau mengandung catechin yaitu senyawa aktif yang mampu membunuh kuman dan bakteri dalam mulut. Caranya adalah:

  • Seduhlah daun teh hijau, atau teh hijau dalam kemasan celup dengan air hangat.
  • Lalu konsumsilah teh hijau tersebut dalam keadaan hangat sebanyak dua hingga tiga kali sehari.
  • Selain itu, teh hijau seduh ini juga dapat digunakan untuk berkumur.

Lemon

Selain teh hijau, lemon juga mampu menghilangkan bau mulut. Kandungan vitamin C yang terdapat pada lemon mampu membunuh bakteri penyebab bau mulut. Di samping itu, vitamin C juga dapat membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi. Cara menghilangkan bau mulut dengan lemon adalah:

  • Peraslah setengah buah lemon.
  • Campurkan air perasan lemon itu dengan segelas air hangat.
  • Gunakan campuran air lemon tersebut untuk berkumur.
  • Lakukan secara rutin, setidaknya dua kali dalam seminggu.

Apel

Buah apel mengandung serat yang mampu membantu membersihkan sisa-sisa makanan pada mulut. Selain itu, dengan mengonsumsi buah apel juga dapat merangsang produksi air liur yang berfungsi untuk menjaga kelembaban mulut. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Cuci buah apel hingga bersih.
  • Lalu kunyah secara perlahan tanpa perlu mengupas kulitnya.
  • Konsumsi apel setiap saat, terutama setelah makan untuk menghilangkan bau mulut.

Kayu manis

Rempah yang satu ini memiliki aroma harum yang khas yang dapat membantu mengatasi bau mulut. Minyak essens alami atau senyawa cinnamic aldehyde yang terkandung di dalamnya dapat menyegarkan nafas sekaligus membunuh bakteri penyebab bau mulut. Cara penggunaannya adalah:

  • Rebuslah beberapa batang kayu manis dengan air kurang lebih 500ml, atau Anda bisa juga menggunakan bubuk kayu manis.
  • Setelah mendidih, angkat dan saring air rebusan kayu manis tersebut.
  • Kemudian berkumurlah dengan air rebusan kayu manis tersebut 2 kali sehari, atau setelah Anda menggosok gigi.

Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa minyak atsiri yang berfungsi sebagai antibakteri. Zat antibakteri tersebut sangat berguna untuk mengatasi bau mulut. Cara menghilangkan bau mulut dengan cengkeh ini adalah:

  • Rebuslah satu sendok teh bubuk cengkeh atau sejumput cengkeh dengan satu gelas air.
  • Setelah mendidih, saring airnya lalu gunakan untuk berkumur.
  • Selain untuk berkumur, air rebusan cengkeh tersebut juga dapat Anda minum setiap hari.

Jahe

Sama halnya dengan cengkeh, jahe juga mengandung zat antibakteri yang mampu membunuh kuman penyebab bau mulut. Zat antibakteri tersebut disebut senyawa gingerol. Caranya yaitu:

  • Parutlah jahe secukupnya, lalu peras airnya.
  • Campurkan air perasan jahe tersebut dengan segelas air hangat, lalu gunakan untuk berkumur.
  • Selain itu, Anda juga dapat minum air rebusan jahe untuk mengatasi bau pada mulut.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut yang dapat Anda coba di rumah. Lakukan cara-cara tersebut dengan rutin dan teratur sesuai petunjuk. Selain itu, biasakan pola hidup yang bersih dan tinggalkan kebiasaan buruk seperti merokok.