15 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang wajib ada dalam setiap masakan. Selain menyedapkan masakan, bawang putih juga menimbulkan aroma yang menggiurkan sehingga akan menambah nafsu makan meningkat. Namun tahukah Anda, bahwa manfaat bawang putih bukan hanya untuk makanan, akan tetapi untuk kesehatan tubuh juga. Lalu, apa saja manfaat bawang putih bagi kesehatan? Bagi Anda yang penasaran, mari simak informasinya berikut ini!

Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan antioksidan dan allicilin yang ada pada bawang putih sangat bermanfaat untuk melancarkan sistem peredaran darah sehingga mampu menurunkan tekanan darah. Selain itu, kedua kandungan bawang putih tersebut juga sangat menyehatkan arteri.

Mencegah kanker

Sudah tidak diragukan lagi jika bawang putih memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker. Bawang putih mengandung senyawa sulfur bioaktif yang diyakini memiliki efek dalam pembentukan kanker. Senyawa sulfur bioaktif tersebut bisa mempengaruhi proses biologis sehingga menyebabkan kanker tidak jadi terbentuk. Selain itu, kandungan PhIP yang merupakan bentuk dari amina heterosikli (HCA) yang bisa menghambat pertumbuhan kanker payudara pada perempuan dan diubah menjadi karsinogen yang dilakukan oleh zat diallyl sulfida.

Mengobati infeksi paru-paru

Sifat anti mikroba dan anti bakteri pada bawang putih mampu melawan kuman, mikroba dan bakteri yang menjadi penyebab terjadinya infeksi paru-paru. Oleh karena itu, Anda harus rajin mengkonsumsi 2 siung bawang putih setiap harinya.

Membasmi kolesterol jahat

Mengkonsumsi bawang putih setiap hari secara teratur sudah terbukti bisa meningkatkan produksi insulin pada tubuh. Selain itu, mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga bisa dapat memangkas kolesterol jahat (LDL) SAMPAI 15 %. Namun Anda tidak usah khawatir, sebab bawang putih tidak akan mempengaruhi kolesterol baik (LDL).

Mengobati keputihan

Manfaat bawang putih yang selanjutnya adalah mampu mengobati keputihan. Bawang putih sudah menjadi resep herbal secara turun temurun untuk mengobati keputihan karena kandungan zat yang bersifat anti bakteri dan anti jamur. Cara mengobati keputihan dengan bawang putih juga sangat efektif. Anda hanya perlu mengkonsumsinya secara rutin setiap hari. Selain itu, dengan mengkonsumsi bawang putih secara rutin bisa menghambat bakteri masuk di area kewanitaan Anda.

Mengobati sakit gigi

Pada umumnya, penyebab sakit gigi yaitu karena adanya bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kandungan antibakteri yang ada pada bawang putih, dipercaya mampu membasmi bakteri tersebut. selain itu, kandungan analgenesiknya juga sangat ampuh untuk mengurangi rasa sakit yang ditimbulkan dari sakit gigi.

Mencegah Alzheimer dan demensia

Enzim antioksidan pada tubuh akan mengalami peningkatan jika Anda mengkonsumsi bawang putih dalam jumlah banyak. Dengan begitu, akan mendukung mekanisme perlindungan tubuh terhadap kerusakan oksidatif sehingga bisa mencegah terjadinya Alzheimer dan demensia.

Meningkatkan imunitas

Kandungan vitamin C yang ada pada bawang putih mampu menguatkan sistem imunitas tubuh (sistem kekebalan tubuh). Anda bisa mengkonsumsi bawang putih secara mentah atau bisa juga dengan dijus.

Meningkatkan metabolisme tubuh

Bawang putih mengandung enzim alami yang jika dikonsumsi akan meningkatkan sistem metabolism pada tubuh Anda.

Membantu menurunkan berat badan

Banyak mengkonsumsi bawang putih akan memperlancar sistem metabolisme tubuh. Oleh karena itu, lemak yang tertumpuk di tubuh akan semakin berkurang.

Mengobati sinusitis

Anti bakteri yang ada pada bawang putih dipercaya dapat membantu mengurangi radang di rongga hidung, sehingga pernapasan Anda akan menjadi lebih lega. Selain itu, juga bisa mengurangi sakit kepala karena sinunitas.

Mengobati flu

Selain sinunitas, mengkonsumsi bawang putih secara rutin juga bisa meringankan gejala flu yang sedang Anda alami. Sifat anti mikroba dan anti bakteri yang ada pada bawang putih mampu membasmi bakteri dan mikroba penyebab flu.

Mengobati jamur kaki

Sifat anti inflamasi pada bawang putih dipercaya mampu mengobati sampai sembuh jamur kaki. Selain itu, sifat anti inflamasi ini juga dapat meringankan luka serat menyamarkan bekas jamur kaki.

Mengobati psoriasis

Psoriasis merupakan salah satu penyakit akibat peradangan seperti gatal, kulit mengelupas, serta nyeri. Mengkonsumsi bawang putih setiap hari akan mengobati penyakit tersebut karena sifat anti inflamasi pada bawang putih. Anda bisa mengkonsumsinya secara langsung atau bisa juga dengan mengoleskannya pada bagian kulit yang mengalami peradangan.

Untuk bisa mendapatkan manfaat bawang putih ini, Anda cukup mengkonsumsi bawang putih dengan cara mencampurkannya dengan telur ayam kampung dan juga madu. Kemudian, minumlah ramuan tersebut secara rutin.

Itulah beberapa manfaat bawang putih yang sangat baik untuk kesehatan Anda. Meskipun memiliki aroma yang sangat tajam, jangan sekali-kali meremehkan si bawang putih ini.