Manfaat Belimbing Wuluh Baik Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat belimbing wuluh sudah dikenal sejak lama. Buah dengan rasa kecut atau asam ini sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam masalah kesehatan dan kecantikan. Selain itu, buah ini juga enak dikonsumsi untuk dijadikan rujak, lutisan, ataupun manisan buah.

Datang dengan satu varietas dari buah belimbing tidak membuat buah ini sama bentuknya dengan buah belimbing. Buah ini memiliki bentuk yang lebih kecil. Besarnya hanya sekitar satu ibu jari pada orang dewasa. Meskipun kecil bentuknya, khasiat belimbing wuluh sangat luar biasa.

Kandungan dan Manfaat Belimbing Wuluh

Manfaat belimbing wuluh yang luar biasa tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Setidaknya, terdapat kandungan glukosida, tannin, peroksida, saponin, kalium sitrat, sulfur, dan beberapa kandungan lain yang sangat bermanfaat untuk tubuh.

Tanaman ini memiliki manfaat yang sangat kompleks untuk kesehatan. Tidak hanya buahnya saja yang berkhasiat, bagian tanaman lainnya seperti batang, daun, bahkan akarnya juga bisa menghilangkan beberapa penyakit. Anda harus meracik dan mengkonsumsinya dengan tepat untuk hasil yang lebih maksimal.

Berikut beberapa manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan dan kecantikan.

  1. Obat batuk

Manfaat pertama dari buah yang rasanya asam ini adalah untuk mengobati batuk. Batuk menjadi salah satu penyakit yang sering terjadi pada anak-anak. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan belimbing wuluh. Caranya mudah, campurkan 3 butir belimbing wuluh, gula, dan beberapa butir adas. Tambahkan satu cangkir air. Tim lah campuran tersebut dalam beberapa jam. Ketika ramuan sudah dingin, saringlah danĀ  konsumsi di waktu pagi dan malam ketika perut masih kosong.

  1. Mengatasi jerawat

Siapa sangka jika belimbing wuluh menjadi salah satu obat yang paling tepat untuk mengatasi jerawat. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah ini dapat membantu mengerutkan jerawat dan juga menyamarkan noda bekas jerawat. Mungkin, zat asam yang terdapat dalam belimbing wuluh akan membuat Anda merasa perih. Namun Anda akan terkejut dengan hasil yang luar biasa ketika telah menggunakannya sebagai obat jerawat Anda.

  1. Mencegah Hipertensi

Manfaat belimbing wuluh selanjutnya adalah untuk mencegah hipertensi. Hipertensi atau tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyakit yang sering dialami oleh masyarakat. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa menggunakan ramuan tradisional belimbing wuluh.

Cara membuatnya pun mudah. Siapkan 3 buah belimbing wuluh dan rebuslah dengan menggunakan 2 gelas air. Tunggu hingga menjadi setengah gelas air. Minumlah sekali dalam sehari secara teratur hingga tekanan darah Anda menurun.

  1. Mengatasi sariawan

Sariawan merupakan salah satu penyakit yang disebabkan karena kekurangan vitamin C. Sungguh tidak enak rasanya ketika menderita sariawan. Nafsu makan akan menjadi berkurang. Untuk menyembuhkan sariawan dengan menggunakan belimbing wuluh, Anda cukup mengoleskan buah ini pada bagian yang sariawan. Pasti rasanya akan sangat perih. Namun, cara ini dirasa cukup praktis untuk mengatasi sariawan.

  1. Mengatasi penyakit diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula di dalam darah. Penyakit ini bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani. Untuk mengatasi penyakit ini, Anda bisa mengambil manfaat belimbing wuluh yang terbukti ampuh dalam mengatasi diabetes. Lumatkan belimbing wuluh dan kemudian rebuslah dengan menggunakan segelas air hingga menjadi separuh gelas saja. Konsumsilah secara rutin dan teratur dan kadar gula dalam darah akan semakin menurun.

  1. Mengatasi sakit gigi

Pernahkah Anda mengalami sakit gigi? Hampir setiap orang pernah mengalami sakit gigi. Untuk mengatasi sakit gigi dengan menggunakan belimbing wuluh, Anda dapat menumbuk belimbing wuluh hingga halus. Lalu, letakkan pada gigi yang berlubang. Cara ini dapat mengatasi rasa sakit akibat gigi yang berlubang.

  1. Mengatasi panu

Panu akan membuat seseorang merasa tidak percaya diri. Terlebih lagi jika panu terletak di tempat yang terbuka. Oleh karena itu, Anda bisa segera mengatasinya. Untuk mengatasi panu menggunakan jeruk nipis pun caranya mudah. Penyakit yang disebabkan karena jamur ini bisa dihilangkan dengan cara menempelkan belimbing wuluh yang sudah diparut kepada bagian yang ada panunya. Lakukan secara teratur dan panu pun akan cepat memudar.

  1. Mengatasi sakit rematik

Penyakit rematik menyebabkan rasa linu pada persendian. Untuk menyembuhkan penyakit ini, Anda bisa menggunakan belimbing wuluh. Caranya sangat mudah. Siapkan belimbing wuluh secukupnya beserta daunnya. Lalu, hancurkan hingga halus. Campur dengan kapur sirih lalu campurkan hingga merata. Oleskan ramuan ini pada persendian Anda sehari 2 sampai 3 kali.

 

 

Begitu besar khasiat dari belimbing wuluh yang bisa Anda dapatkan. Jadi, jangan pernah ragu untuk menggunakan bahan alami ini untuk mengatasi berbagai macam gangguan penyakit yang Anda alami. Cara yang praktis ini dijamin tidak akan menimbulkan efek samping. Dapatkan khasiat yang nyata dengan menggunakannya secara rutin dan teratur. Apakah Anda ingin mencobanya? Yuk gunakan cara alami ini sekarang juga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.