Ini Dia 8 Manfaat Brokoli Yang Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak tahu brokoli? Brokoli merupakan jenis sayuran yang masih satu keluarga dengan kubis, kangkung, dan kembang kol. Brokoli asli berasal dari Italia. Nama brokoli sendiri berasal dari bahasa Italia ‘broccolo’, yang berarti cabang. Sayuran ini pertama kali dibudidayakan sekitar abad 17 – 18. Manfaat brokoli sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita.

Brokoli termasuk salah satu sayuran populer yang dihidangkan dalam berbagai masakan. Sayuran dengan ciri khas berwarna hijau tua ini dapat dimakan dalam keadaan mentah maupun matang. Akan tetapi, cara paling baik untuk menjaga nutrisi yang ada di dalamnya adalah dengan mengonsumsinya dalam keadaan mentah. Sayuran ini juga biasanya masuk dalam daftar diet wanita karena memang nilai gizinya yang tinggi. Kandungan-kandungan penting di dalamnya seperti protein, kalsium, zat besi, karbohidrat, kromium, vitamin A dan vitamin C. Selain itu, brokoli juga mengandung zat phytochemical serta antioksidan yang mampu menangkal berbagai infeksi dan penyakit.

Manfaat Brokoli Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

  1. Brokoli Sebagai Anti Kanker

Sayuran brokoli bisa mencegah penyakit kanker. Sama halnya dengan sayuran yang sejenis seperti kembang kol dan kubis, brokoli memiliki kandungan yang dapat melindungi tubuh dari perkembangan sel kanker pada perut dan usus.

 

Di samping itu, sayuran brokoli juga memiliki khasiat untuk membersihkan estrogen yang merupakan penyebab kanker. Bagi para wanita sangat dianjurkan mengonsumsi brokoli karena mampu mencegah timbulnya kanker pada organ vital wanita, yakni payudara dan rahim.

 

  1. Mampu Menurunkan Kolesterol

Brokoli kaya akan serat. Kandungan serat ini sifatnya bisa mengikat kolesterol dari darah. Kemudian, kolesterol tersebut akan dikeluarkan dari tubuh kita. Bahkan pada jenis brokoli tertentu, kandungannya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh manusia hingga mencapai persentase 6%. Tentunya hal ini telah membuktikan bahwa brokoli memiliki kemampuan yang lebih efektif dalam menurunkan kolesterol.

 

  1. Berperan Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat brokoli yang tak perlu diragukan lagi adalah perannya dalam menjaga kesehatan jantung. Kandungan brokoli yang mampu mengurangi dan mengikat kolesterol tersebut otomatis dapat mengoptimalkan kerja jantung, sehingga kesehatan jantung tetap terjaga.

Brokoli mengandung zat-zat baik seperti serat, berbagai vitamin, dan juga asam lemak yang mampu melindungi pembuluh darah dari kerusakan. Pembuluh darah yang sehat ini juga membuat jantung tetap sehat dan berfungsi lebih baik.

 

  1. Sayuran Yang Berperan Sebagai Anti Inflamasi

Brokoli merupakan salah satu sayuran yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Anti inflamasi ini bekerja dalam memperlambat kerusakan pada sendi, salah satunya adalah osteoarthritis.

 

Selain itu, brokoli yang mengandung zat sulforaphane ini juga bermanfaat dalam membantu penderita yang mengalami peradangan sendi. Bahan yang terdapat dalam zat sulforaphane ini dapat mencegah hal yang menjadi penyebab kerusakan sendi. Sayuran ini juga mengandung senyawa iskhiosianat yang fungsinya mengatur peradangan.

 

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu manfaat brokoli yang sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak, orang lanjut usia, dan ibu yang menyusui adalah mampu menjaga kesehatan tulang. Brokoli mengandung zat-zat penting seperti kalsium, magnesium, seng, dan juga fosfor. Kandungan-kandungan tersebut memang merupakan zat utama yang berperan dalam pembentukan tulang dan gigi. Zat-zat penting itu juga mampu mencegah manusia usia lanjut terserang penyakit tulang yakni osteoporosis.

 

  1. Mampu Menjaga Kesehatan Mata

Tak hanya wortel, brokoli pun ternyata juga mampu melindungi serta menjaga kesehatan mata. Brokoli ini memiliki kandungan lutein yang tinggi, yaitu suatu zat berupa anti oksidan yang berperan dalam menjaga kesehatan kedua bola mata. Sedangkan tingkat lutein yang ada pada brokoli nilainya hampir sama dengan yang ada di wortel. Sehingga kita bisa mengganti kedudukan wortel dengan brokoli untuk menjaga kesehatan mata.

 

Selanjutnya, brokoli memiliki kandungan tak kalah penting seperti vitamin A, fosfor, beta karoten, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E. Semua zat tersebut sangat baik untuk memperbaiki kerusakan pada mata yang disebabkan oleh paparan radiasi dari penggunaan ponsel maupun komputer.

 

  1. Memiliki Anti Oksidan Tinggi

Dari semua nutrisi yang telah disebutkan di atas telah membuktikan bahwa brokoli memiliki zat-zat penting yang berperan sebagai anti oksidan. Zat-zat tersebut adalah lutein, beta karoten, zeaxanthin, dan kandungan lainnya. Kandungan pada sayuran ini juga terkonsentrasi dengan vitamin C, sehingga berperan baik dalam menjaga sistem imun pada tubuh manusia.

 

  1. Membantu Perawatan Kulit

Brokoli memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, serta zat mineral tembaga, vitamin K, seng, asam amino, dan juga folat yang berfungsi untuk merawat serta menjaga kesehatan kulit. Hal ini juga dapat berarti bahwa manfaat brokoli mampu melindungi kulit kita dari serangan infeksi maupun penyakit lainnya. Mengonsumsi brokoli secara rutin juga mampu memancarkan cahaya warna kulit secara alami.

 

Demikian beberapa manfaat brokoli. Ternyata, brokoli memiliki banyak sekali nutrisi yang berguna bagi kesehatan tubuh. Jadi, jangan ragu lagi untuk rajin mengonsumsi brokoli. Apalagi jika Anda sedang melakukan diet.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.