9 Kandungan Dan Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan Tubuh

Buah sirsak merupakan salah satu buah yang dikenal luas oleh masyarakat Indonesia karena rasanya yang masam. Buah ini berasal dari negara-negara di Amerika Tengah dan Selatan. Sedangkan di Indonesia, buah sirsak juga banyak dilestarikan. Buah dengan nama latin Annona muricata ini ternyata memiliki banyak khasiat. Manfaat buah sirsak dan kandungan-kandungan yang ada di dalamnya ini sangat berguna bagi kesehatan tubuh kita.

Buah sirsak memiliki ciri khas kulit yang berduri, meskipun tidak setajam durian. Warna kulitnya berwarna hijau, dan ketika matang akan berwarna semburat kekuningan. Daging buahnya berwarna putih seperti kapas dengan biji berwarna hitam. Bagian dari sirsak yang sering dimanfaatkan untuk mengobati suatu penyakit adalah daunnya. Namun, buahnya sendiri juga memiliki banyak khasiat. Mari kita simak apa saja manfaat buah sirsak beserta kandungan-kandungan yang ada di dalamnya.

Khasiat Buah Sirsak

Buah sirsak memiliki berbagai kandungan dan nutrisi yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Saat kita mengonsumsinya, maka gizi dan nutrisi baik dari dalam buah sirsak tersebut akan terserap, kemudian akan diuraikan lalu disebarkan melalui peredaran darah ke seluruh tubuh.

Buah sirsak juga direkomendasikan oleh para pakar pengobatan terutama pengobatan tradisional. Para pakar tersebut berpendapat bahwa buah sirsak ini masuk ke dalam daftar salah satu buah yang dapat dibuat sebagai bahan baku obat-obatan herbal. Lalu, selain itu, apa lagi manfaat buah sirsak?

1. Terapi Pengobatan Diabetes

Manfaat buah sirsak yang pertama yakni untuk mengobati penyakit diabetes. Secara normal, kadar gula yang ada di dalam tubuh manusia adalah 70 mg – 120 mg. Jika lebih dari itu, maka kadar gula termasuk tinggi dan dapat menyebabkan penyakit diabetes. Untuk mengobatinya, penderita bisa mengonsumsi buah sirsak. Kandungan gizi serta nutrisi yang ada pada buah sirsak bisa menstabilkan kadar gula dalam darah agar tetap stabil.

2. Mencegah Katarak

Manfaat yang kedua ialah buah sirsak mampu mencegah timbulnya katarak. Jika mengonsumsi buah ini secara rutin setiap harinya, maka risiko terkena penyakit mata seperti pandangan kabur, mata merah, gatal bahkan katarak akan berkurang.

3. Mengurangi Risiko Terkena Serangan Jantung

Manfaat lainnya pada buah sirsak yaitu mampu mengurangi risiko terjadinya serangan jantung. Buah ini dikenal memiliki kandungan yang dipercaya bisa melenyapkan ateroklerosis pada jantung manusia. Ateroklerosis sendiri merupakan suatu keadaan yang menjadi penyebab terjadinya serangan jantung. Kondisi ini terjadi saat arteri pada jantung mengalami penebalan, sehingga membuat aliran darah tidak lancar.

4. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Gangguan pencernaan yang dialami bisa diatasi dengan mengonsumsi buah sirsak. Buah ini memiliki kandungan vitamin B2 yang tinggi, sehingga mampu menjaga kestabilan sistem pencernaan pada tubuh. Anda pun akan terhindar dari ancaman-ancaman penyakit di dalam saluran pencernaan, seperti sembelit dan juga diare.

5. Membantu Produksi Hemoglobin Dalam Darah

Buah sirsak memiliki kandungan penting yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Produksi sel darah merah ini akan membuat aliran oksigen dalam darah bekerja secara optimal untuk dapat diedarkan ke seluruh tubuh. Peredaran yang lancar ini akan membuat organ-organ penting di dalam tubuh juga mampu bekerja dengan baik.

6. Meningkatkan Fokus Dan Konsentrasi

Buah ini juga memiliki khasiat lain dalam membantu meningkatkan konsentrasi. Kandungan vitamin-vitamin di dalam buah sirsak ini mampu mendukung kinerja otak untuk dapat bekerja dengan baik. Hal ini dapat berpengaruh pada peningkatan memori sekaligus tingkat konsentrasi. Selain itu, kandungan vitamin-vitaminnya ini sangat baik dalam hal mengurangi stres dan beban pikiran yang membuat otak merasa cepat lelah.

7. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari pengonsumsian buah sirsak ini adalah dapat meningatkan daya tahan tubuh. Di dalam buah sirsak terdapat zat yang berupa senyawa seperti acetogenins dan muricapentocin. Senyawa-senyawa tersebut berperan dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar terhindar dari berbagai macam penyakit yang dapat menyerang.

8. Sumber Energi

Buah yang memiliki perpaduan rasa asam dan manis ini ternyata mengandung zat karbohidrat yang berperan sebagai sumber energi. Sumber energi tersebut tentunya berguna dalam mengoptimalkan kinerja organ-organ penting seperti jantung, paru-paru, ginjal dan sebagainya.

9. Penurun Kolesterol

Manfaat buah sirsak yang terakhir yakni menurunkan kadar kolesterol. Sirsak juga kaya akan serat sehingga sangat baik untuk pencernaan tubuh manusia. Pengonsumsian secara rutin mampu melancarkan jalannya sistem pencernaan. Kandungan serat yang tinggi tersebut juga mampu menyerap kolesterol jahat yang akan dikeluarkan dari dalam tubuh.

Kandungan Nutrisi Pada Buah Sirsak

Berikut adalah berbagai kandungan nutrisi yang ada pada buah sirsak :

1.Vitamin.

Buah sirsak mengandung berbagai macam vitamin. Seperti vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin C.

2. Karbohidrat dan serat

Seperti yang telah disampaikan di atas, bahwa buah sirsak mengandung serat. Kandungan serat tersebut mencapai 3,3 gram di setiap 100 gram daging buah.

3. Kalsium dan Fosfor

Kandungan kalsium dan fosfor di setiap 100 gram buah sirsak yakni mencapai 14 mg dan 27 mg. Kandungan ini berperan dalam pembentukan gigi dan tulang-tulang, serta membantu mencegah osteoporosis.

Itulah 9 manfaat buah sirsak beserta kandungan-kandungan yang ada di dalamnya. Buah sirsak sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari karena bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Selain itu, daunnya pun juga bermanfaat untuk pengobatan kanker. Semoga ulasan ini bermanfaat.