5 Cara Mengencangkan Kulit Dan Wajah Agar Nampak Awet Muda

Cara Mengencangkan Kulit Wajah

Proses penuaan pada kulit merupakan hal yang wajar dan bisa dialami siapa saja. Namun, tahukah Anda? Penuaan pada kulit ternyata bisa Anda cegah. Beberapa produk kecantikan biasanya juga akan memasukan bahan-bahan khusus yang bisa membantu kulit terhindar dari penuaan. Lantas apakah ada cara alami yang bisa dilakukan? Tentu saja ada, berikut ini adalah informasi penting mengenai cara mengencangkan kulit dan wajah agar nampak awet muda.

  1. Menggunakan air mawar dan gliserin

Untuk bisa membuat kulit Anda terhindar dari penuaan adalah dengan membuatnya lebih lembap sepanjang waktu. Salah satu cara alami yang bisa membantu melembapkan kulit yaitu dengan menggunakan air mawar dan gliserin.

Air mawar bisa menjadi anti oksidan alami yang Anda dapatkan dari tanaman. Khasiat dari anti oksidan sendiri sudah sangat jelas yaitu menangkal radikal bebas yang disebabkan oleh polusi sehingga mengakibatkan penuaan pada kulit lebih cepat. Selain itu, terdapat juga kandungan emoli alami yang mampu menutrisi kulit dan menjadi anti aging alami. Sementara untuk gliserin memiliki khasiat untuk bisa mempertahankan kelembapan pada kulit lebih lama lagi.

Cara pemakaiannya, Anda tinggal mencampurkan kedua bahan menjadi satu dan menganduknya. Kemudian, oleskan pada wajah, diamkan selamat 15 menit sebelum Anda membasuhnya menggunakan air hangat.

  1. Menggunakan serum vitamin C buatan sendiri

Ada banyak sekali produk kecantikan yang membuat sebuah serum dan memasukan kandungan khusus vitamin C, khasiatnya tentu saja untuk menutrisi kulit agar tampak lembap. Vitamin C merupakan anti oksidan yang mudah larut di dalam air, anti oksidan ini memiliki khasiat luar biasa terutama untuk perawatan pada kulit yaitu membantu meningkatkan elastisitas kulit serta membuatnya tampak lebih halus dan bercahaya.

Untuk mengolah serum vitamin C membutuhkan waktu sedikit lama, pertama Anda bisa menyiapkan tablet vitamin C, air mawar dan gel lidah buaya. Kemudian, larutkan tablet vitamin C ke dalam larutan air mawar, campurkan juga gel lidah buaya dan minyak vitamin E. Aduk hingga merata, lalu masukan ke dalam botol kecil dan diamkan selamat 5-6 hari di tempat yang sejuk. Sementara saat ingin menggunakannya, Anda bisa mengoleskan serum buatan tersebut ke wajah setiap pagi dan malam setelah wajah dibersihkan.

Cara Mengencangkan Kulit Wajah

  1. Menggunakan toner alami dari teh hijau

Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan toner, pembersih yang bisa membuat kulit Anda tampak segar kembali. Pada umumnya, toner dari produk-produk kecantikan tertentu memiliki bahan dasar teh hijau yang dinilai mampu mencegah terjadinya penuaan pada kulit. Teh hijau memiliki kandungan anti oksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan membantu memperbaiki kulit kusam, rusak serta menghilangkan noda hitam bekas jerawat dan menjaga kelembapan kulit sepanjang waktu.

Dari pada membeli toner dengan harga cukup mahal, kenapa Anda tidak membuat toner sendiri? Caranya, Anda bisa mencelupkan teh hijau ke dalam 2 sendok makan perasan lemon. Kemudian ambil kapas dan celupkan ke dalam campuran teh hijau serta lemon, usapkan secara menyeluruh ke wajah Anda. Lakukan cara ini minimal sehari 2 kali agar bisa menjaga keremajaan kulit secara alami dan maskimal.

  1. Membuat krim papaya dan madu untuk kulit

Pepaya dan madu merupakan campuran yang biasa digunakan pada krim pengencang wajah. Khasiatnya sudah sangat dikenal oleh mereka yang gemar membeli produk kecantikan dengan khasiat mengencangkan, menghaluskan wajah, mengurangi munculnya bintik hitam dan garis-garis halus di wajah.

Pepaya juga merupakan sumber  vitamin C dan antioksidan yang mampu membantu memperkuat kulit yang kendur dan melawan tanda-tanda penuaan kulit. Sementara madu merupakan humektan alami, yang bisa membantu mengembalikan kelembaban kulit. Di dalamnya terdapat beragam enzim penting seperti antioksidan dan flavonoid.

Selain menggunakan produk kecantikan, Anda juga bisa membuat krim wajah sendiri atau masker wajah dari campuran papaya dan madu. Caranya, Anda bisa mencampurkan 2 sendok papaya dengan 1 sendok madu kemudian haluskan dan campurkan keduanya. Sementara untuk pemakaiannya, Anda harus membersihkan wajah lebih dulu baru bisa menggunakan krim buatan tersebut ke seluruh wajah, diamkan selama 5 menit baru Anda bisa membilasnya menggunakan air.

  1. Masker dari telur

Salah satu cara untuk mencegah penuaan adalah dengan menghilangkan sel kulit mati yang ada di wajah dan kulit tubuh Anda. Ya, sel kulit mati kerap kali membuat wajah tampak lebih kusam dan tidak segar. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan masker telur yang banyak mengandung protein sehingga mampu meningkatkan kolagen dan elastin di dalam kulit. Selain itu, telur juga bisa meningkatkan keremajaan pada kulit dan membuat kulit tampak lebih cerah kembali.

Cara penggunaanya tidak sulit, Anda hanya perlu mencampurkan putih telur dengan perasan air lemon. Aduk bahan hingga tercampur merata. Bersihkan wajah Anda, lalu oleskanlah masker telur dan lemon secara merata ke wajah, diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan kembali wajah menggunakan air bersih.

Itulah 5 cara mengencangkan kulit dan wajah agar nampak awet muda secara alami. Keuntungan menggunakan bahan alami adalah Anda tidak akan mendapatkan efek samping yang buruk atau tidak akan mendapatkan alergi karena tidak cocok. Dengan aman, kandungan alami yang terdapat di dalam bahan-bahan di atas mampu menjaga kesehatan kulit Anda dengan baik.