Inilah 7 Cara Menghilangkan Karang Gigi Dengan Bahan Alami

Memiliki masalah dengan karang gigi pasti membuat Anda tidak nyaman. Karang gigi menyebabkan rasa tidak percaya diri karena napas akan menjadi tidak sedap. Salah satu cara menghilangkan karang gigi ialah dengan melakukan scalling ke dokter gigi. Metode ini dilakukan setiap 6 bulan sekali. Namun, bila Anda merasa scaling membutuhkan biaya yang cukup mahal, Anda dapat mencoba solusi lain yang lebih murah. Anda bisa memanfaatkan bahan alami yang tersedia di sekitar Anda sebagai metode menghilangkan karang gigi. Tentunya bahan alami tidak akan memberikan efek samping sehingga aman dan mudah didapatkan.

Bahan Alami Untuk Menghilangkan Karang Gigi

Jambu Biji

Mungkin Anda tidak mengira bila jambu biji bisa digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi. Menurut penelitian, jambu biji dapat membunuh bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan terbentuknya plak gigi. Selain itu, jambu biji juga berguna sebagai penghilang rasa nyeri, inflamasi, dan sebagai obat periodontal atau penyakit yang memiliki hubungan dengan gusi.

Cara menggunakannya yaitu dengan memotong jambu biji dan menaburkan garam di atasnya. Kunyahlah tepat di bagian gigi Anda yang berkarang agar hasilnya tepat sasaran dan maksimal. Lakukanlah dengan rutin yaitu 1 hingga 2 kali sehari hingga karang gigi memudar.

Baking Soda

Baking soda biasanya digunakan untuk membuat kue yang berfungsi sebagai pengembang. Selain itu, Anda dapat menggunakannya untuk menghilangkan karang gigi karena ada kandungan basa dalam baking soda. Zat ini dapat membantu menetralkan pembusukan asam yang ada di mulut Anda.

Cara menggunakannya yaitu dengan mencampur 1 sendok teh baking soda dengan ½ sendok teh garam. Lalu, aduk hingga merata. Setelah itu, oleskan campuran ke sikat gigi dan gunakanlah untuk menggosok gigi seperti biasa terutama di bagian gigi yang berkarang. Setelah selesai, berkumurlah hingga bersih. Cara ini hanya boleh dilakukan selama 1 kali dalam seminggu. Karena bila terlalu sering dapat merusak lapisan enamel gigi.

Cengkeh

Dalam penelitian, cengkeh berkhasiat sebagai cara menghilangkan karang gigi dan mengatasi sakit gigi. Hal ini karena cengkeh mengandung zat yang berguna sebagai anti plak dan anti gingivitis yaitu peradangan pada gusi. Dengan kandungan zat ini, Anda tidak perlu lagi merasa ragu untuk menggunakannya.

Cara menggunakan cengkeh sebagai penghilang karang gigi yaitu dengan menghaluskan cengkeh. Ambil bubuk cengkeh kurang lebih 1 sendok teh dan masukkan ke dalam mangkok. Tambahkan 5 tetes minyak zaitun dan aduklah hingga merata untuk menggosok gigi.

Lidah buaya

Ternyata lidah buaya dapat digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi. Para ahli sudah meneliti bahwa lendir lidah buaya mengandung anti mikroba dan anti bakteri. Jadi, Anda tidak perlu ragu lagi untuk memanfaatkan lidah buaya sebagai penghilang karang gigi atau untuk mengobati radang gusi.

Cara menggunakannya yaitu dengan mengoleskan lendir lidah buaya dengan sikat gigi atau tangan ke bagian gigi yang berkarang. Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan bersihkan dengan berkumur dengan air bersih. Anda dapat menggunakannya 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Kulit jeruk

Jeruk memang sudah terkenal khasiatnya untuk membersihkan noda, jadi tidak mengherankan bila bisa digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi. Jeruk mengandung limonene dan juga vitamin C yang dapat menjadi anti bakteri. Selain itu Anda juga dapat memanfaatkannya sebagai bahan untuk memutihkan gigi.

Cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan kulit jeruk yang masih segar dan mengusapkannya di gigi yang berkarang. Penggunaannya lebih disarankan saat menjelang tidur agar Anda dapat mendiamkannya selama 7 jam. Berkumurlah pada pagi harinya dengan menggunakan air hingga bersih.

Teh hijau

Teh hijau ternyata juga berkhasiat sebagai metode menghilangkan karang gigi. Penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat menghambat berkembangnya bakteri yang membentuk plak. Selain itu, teh hijau juga berguna untuk mencegah radang gusi dan menghilangkan karang gigi. Hasilnya juga dapat Anda rasakan dengan cepat sehingga sangat direkomendasikan. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus teh hijau dan gunakan airnya untuk berkumur.

Makan makanan pedas

Ternyata mengkonsumsi makanan pedas dapat digunakan sebagai metode menghilangkan karang gigi. Hal ini karena makanan pedas dapat melawan bakteri yang ada di dalam mulut. Sebagai contohnya adalah cabai yang mengandung vitamin A untuk mengatasi infeksi, mencegah bau mulut dan juga mengatasi rasa nyeri. Namun hindari mengkonsumsi makanan pedas yang mengandung asam karena dapat merusak enamel gigi.

Ternyata ada banyak sekali cara menghilangkan karang gigi dengan bahan alami yang bisa dicoba. Ini adalah solusi yang paling sederhana dan hemat biaya bila Anda merasa belum memiliki cukup biaya untuk berkunjung ke dokter gigi untuk melakukan scaling. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.