7 Cara Menghilangkan Ketombe Dengan Bahan Herbal Alami

Ketombe merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada kulit kepala. Ketombe dapat membuat kulit kepala terasa gatal dan bahkan dapat memicu kerontokan rambut. Tidak jarang pula kasus ketombe parah yang mengakibatkan rambut menjadi kering dan rusak. Itulah mengapa orang yang memiliki permasalahan dengan ketombe pasti ingin segera mencari cara menghilangkan ketombe dengan cepat dan permanen.

Ciri-Ciri dan Penyebab Ketombe

Ciri-ciri kulit kepala yang berketombe adalah munculnya kulit kepala yang mengelupas. Kulit yang mengelupas ini merupakan serpihan-serpihan kulit kepala yang mati. Biasanya teksturnya berminyak dan berwarna putih. Ketombe mudah bertebaran, bahkan jatuh ke bahu, sehingga dapat merusak penampilan dan rasa percaya diri. Penyebab munculnya ketombe ada beberapa macam, yaitu;

  1. Tidak rajin keramas
  2. Kulit iritasi dan berminyak (dermatitis seboroik)
  3. Kulit kering
  4. Sensitif terhadap produk perawatan rambut jenis tertentu
  5. Ragi atau jamur malassezia

7 Bahan Alami yang Ampuh Mengatasi Ketombe Dengan Cepat

Meskipun zaman kini telah modern dan cara menghilangkan ketombe pun dapat dilakukan secara modern, bukan berarti cara mengatasi ketombe dengan cara tradisional juga ditinggalkan. Selain karena alasan murah dan aman, bahan-bahan alami seperti berikut ini juga telah dipercaya sejak dulu sebagai obat herbal ampuh dalam menyembuhkan ketombe.

  1. Kuning telur

Bagian kuning telur telah terkenal sejak dulu akan manfaatnya untuk kesehatan. Selain baik dikonsumsi untuk menambah stamina bagi pria, kuning telur juga dapat digunakan sebagai bahan alami cara mengatasi ketombe membandel. Kandungan biotin yang terdapat dalam kuning telur lah yang memiliki khasiat untuk mengatasi ketombe. Bahkan kuning telur ini juga dapat memberikan nutrisi bagi rambut. Cara pemakaiannya pun mudah, yaitu;

  • Ambil sebutir telur, ambil kuningnya saja
  • Aduk kuning telur di dalam mangkuk hingga merata
  • Balurkan kuning telur ke kulit kepala, kemudian tutup bagian kepala menggunakan plastik
  • Diamkan hingga 1 jam
  • Cuci kulit kepala menggunakan sampo hingga bersih
  1. Aloe vera (lidah buaya)

Aloe vera atau lidah buaya juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah ketombe. Tanaman herbal ini memiliki sifat anti-jamur, anti-bakteri dan sifat exfoliate yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati karena ketombe. Cara menghilangkan ketombe dengan aloe vera sangat mudah. Anda cukup menyiapkan 1 untai tanaman lidah buaya, kemudian ambil daging atau gelnya. Oleskan daging atau gel tersebut ke kulit kepala, kemudian diamkan selama 15 menit. Langkah terakhir, bilas kulit kepala hingga bersih menggunakan shampoo.

  1. Jeruk lemon

Jeruk lemon kaya vitamin C. Selain itu, buah masam ini juga memiliki sifat asam yang dapat membunuh jamur penyebab ketombe di kulit kepala. Cara menggunakan bahan alami lemon sebagai obat anti ketombe mudah dilakukan. Namun sebelumnya Anda perlu menjadikan lemon sebagai jus. Aplikasikan 2 sendok makan jus jeruk lemon ke kulit kepala. Tunggu 1 menit, kemudian bilas dengan campuran 2 sendok makan jus lemon dengan 2 sendok makan air yang telah diaduk hingga rata.

  1. Bawang putih

Bawang putih memiliki banyak ragam manfaat, karena kandungan yang dimiliki sangat baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah sifat anti-jamur yang sangat ampuh untuk membunuh jamur. Jadi, Anda pun dapat menggunakan bawang putih sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe akibat jamur. Cara mengaplikasikannya cukup praktis, yaitu;

  • Haluskan 1 siung bawang putih hingga halus, kemudian tambahkan sedikit air.
  • Aduk hingga merata, kemudian oleskan masker bawang putih ke kulit kepala.
  • Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci rambut menggunakan shampoo.
  1. Garam dapur

Garam dapur tidak hanya terkenal sebagai bumbu dapur, namun Anda juga dapat memanfaatkannya untuk menghilangkan ketombe. Garam dapur memiliki sifat abrasive yang berkhasiat mengangkat ketombe membandel dan sel kulit mati. Cara menghilangkan ketombe dengan garam sangat praktis. Anda cukup membutuhkan 2-3 sendok makan garam dapur, kemudian menggosok-gosokkannya ke kulit kepala yang dalam kondisi kering hingga merata sambil dipijat-pijat selama 10 menit. Setelah 10 menit, bersihkan rambut dengan shampoo.

  1. Yogurt

Selain rasanya yang enak, yogurt juga dapat Anda manfaatkan sebagai bahan alami menghilangkan ketombe akibat jamur. Hasil dari susu fermentasi yang memiliki cita rasa masam ini mengandung probiotik, yaitu jenis bakteri baik yang dapat menghilangkan jamur penyebab ketombe. Sebelum Anda mengaplikasikannya, cuci rambut terlebih dahulu menggunakan shampoo, kemudian baru balurkan yogurt ke kulit kepala. Diamkan hingga 15 menit, agar kandungan probiotik yang terdapat dalam yogurt meresap dan bekerja, setelah itu cuci kembali rambut Anda menggunakan shampoo.

  1. Cuka

Selain bawang putih dan garam, cuka juga termasuk bumbu dapur yang memiliki khasiat untuk menghilangkan ketombe. Sifat anti-jamurnya dapat mengusir jamur-jamur yang menjadi salah satu penyebab munculnya ketombe di kulit kepala. Selain itu, cuka juga dapat mengangkat semua lapisan sel kulit mati di kulit kepala, sehingga ketombe dapat sembuh dan tidak akan kembali lagi. Itulah mengapa cuka termasuk salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami dengan hasil yang cepat dan permanen. Adapun cara memanfaatkan cuka sebagai obat anti ketombe alami, yaitu;

  • Siapkan semangkuk air, kemudian campurkan sedikit cuka atau kurang lebih 1/8 bagian dari air mangkuk tersebut.
  • Rebus cuka hingga mendidih, kemudian angkat.
  • Dinginkan sebentar, kemudian aplikasikan ke kulit kepala.
  • Diamkan selama beberapa menit, kemudian cuci rambut menggunakan shampoo hingga bersih.

Itulah 7 cara menghilangkan ketombe dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami. Selain menggunakan ketujuh bahan tradisional tersebut, Anda juga perlu untuk melakukan keramas dengan benar, agar ketombe tidak kembali lagi. Selain itu, jangan mengikat rambut saat basah, karena dapat mengakibatkan tekstur menjadi patah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.