Inilah 7 Khasiat Kunyit Yang Sering Dijadikan Bahan Obat Herbal

Indonesia yang kaya akan rempah-rempahnya juga kaya akan berbagai olahan ramuan herbal atau jamu yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Dari sekian banyak jenis jamu, salah satu yang paling populer adalah jamu kunyit asam.

Ya, sebagaimana namanya, jamu tersebut merupakan olahan dari kedua bahan rempah-rempah, yakni kunyit dan asam jawa. Kunyit sendiri merupakan rempah-rempah jenis jahe-jahean yang umbinya berbentuk ruas-ruas. Sedangkan asam jawa adalah sejenis buah yang rasanya masam yang kerap digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman.

Meski manfaat kunyit asam lebih dikenal sebagai “teman wanita” saat masa menstruasi, namun ternyata jamu tradisional yang banyak digemari tersebut memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, karena mengandung nutrisi dan mineral seperti:

Kandungan dalam Kunyit

  • Nutrisi

Beberapa nutrisi dalam kunyit antara lain vitamin B1, B2, B6, dan vitamin B12, vitamin C, Vitamin E, karbohidrat, protein, Nepagin dan lesitin, serta kandungan mineral seperti fosfor, kalsium, dan zat besi.

  • Senyawa Kimia

Selain nutrisinya yang tinggi, manfaat kunyit asam juga didukung karena kandungan senyawa kimia pada kunyit yang beragam. Beberapa kandungan senyawa kimia di dalamnya yaitu sabinen, borneol, zat zingiberen, felandren, turmeron, sineil dan masih banyak lagi.

Kandungan dalam Asam Jawa

Dalam asam jawa terkandung vitamin B, lemak, protein, karbohidrat, serat, zat besi, potasium, dan magnesium, serta merupakan sumber vitamin C yang bersifat antioksidan yang tinggi.

Dengan beragam nutrisi dan senyawa kimia yang terkandung di dalam kunyit dan asam jawa, manfaat kunyit asam untuk kesehatan antara lain:

Sebagai Antioksidan

Pada sejumlah penelitian menunjukkan bahwa kunyit dan asam jawa, keduanya sangat bermanfaat untuk dijadikan sebagai antioksidan. Dalam kunyit, terdapat senyawa kurkumin yang memiliki aktivitas antioksidan dan cukup tinggi. Demikian halnya dengan asam jawa yang juga kaya akan senyawa antioksidannya.

Meredakan Nyeri Haid

Manfaat kunyit asam yang paling populer adalah untuk meredakan rasa nyeri saat haid sekaligus melancarkan siklus menstruasi. Rempah-rempah yang diolah menjadi jamu kunyit asam tersebut memang kerap dicari para wanita ketika sedang datang bulan.

Pasalnya, dengan kandungan kurkumin pada kunyit mampu mengurangi masuknya ion kalsium menuju sel-sel epitel rahim serta menekan produksi prostaglandin, sebuah hormon yang memicu timbulnya pembengkakan dan rasa sakit saat haid.

Tidak hanya itu, kandungan tanin, alkaloid, saponin, dan sesquiterpenes pada asam jawa juga bisa mempengaruhi sistem saraf otak dan otonom untuk selanjutnya otak akan mengirim komando pada tubuh untuk meredakan terjadinya kontraksi rahim yang menyebabkan nyeri haid.

Mengontrol Gula Darah

Tidak hanya untuk para wanita, manfaat kunyit asam juga dapat dirasakan untuk semua usia baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki kadar gula dalam darah yang tidak seimbang. Bahkan pada sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 lalu, menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi kunyit asam, baik dalam bentuk kapsul maupun jamu, mampu menurunkan kemungkinan terkena diabetes dengan tipe-2.

Menurunkan Berat Badan

Selain kulit dan kecantikan, berat badan juga sangat diperhatikan oleh sebagian besar wanita. Bahkan ada yang rela menurunkan berat badan dengan diet yang cukup ekstrim.

Namun bagi Anda yang menginginkan diet sehat dan praktis, Anda bisa memanfaatkan jamu kunyit asam tersebut sebagai alternatif diet Anda. Karena dengan kandungan kurkumin pada kunyit ternyata mampu menurunkan kadar gula dalam darah sekaligus menurunkan kolesterol penyebab terjadinya obesitas.

Mengobati Luka Bakar

Manfaat kunyit asam selanjutnya yakni mampu mengatasi luka bakar secara signifikan. Hal tersebut karena kunyit memiliki zat anti peradangan yang mampu mengeringkan sekaligus menyembuhkan luka bakar dengan cepat serta mencegah terjadinya peradangan pada kulit akibat luka bakar tersebut.

Menghilangkan Bau Badan

Memiliki bau badan yang tidak sedap tentu akan sangat mengganggu diri sendiri dan orang lain disekitarnya, sehingga membuat Anda kurang percaya diri. Nah, bagi Anda yang memiliki masalah tersebut, Anda bisa mengatasinya dengan rutin mengonsumsi jamu kunyit asam.

Dengan kandungan minyak atsiri di dalamnya, kunyit asam mampu mengontrol keringat dan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap sekaligus mengharumkan badan. Kinerja dari zat kimia atsiri tersebut yakni dengan mengikat yang berlebihan agar tidak mudah keluar serta membunuh bakteri pada keringat tersebut agar tidak menyebabkan bau badan.

Mencegah Penggumpalan Darah

Manfaat kunyit asam berikutnya yaitu mampu melancarkan peredaran darah. Dengan kandungan serat dan mineral pada kunyit, jamu kunyit asam tersebut mampu melancarkan peredaran darah serta oksigen menuju ke seluruh pembuluh darah sehingga menurunkan risiko terjadinya penggumpalan darah.

Nah, bagi Anda yang ingin mengonsumsi kunyit asam sebagai ramuan herbal untuk kesehatan, Anda bisa membuatnya sendiri dengan cara yang cukup mudah, berikut ini:

  • Siapkan ½ kg kunyit, ½ kg asam jawa, ¼ kg gula jawa, 2 liter air dan garam secukupnya
  • Kemudian setelah kunyit dikupas dan dibersihkan, blender atau hancurkan hingga halus dan peras
  • Lalu campurkan air rebusan kunyit dengan asam jawa dan gula jawa serta garam
  • Tunggu hingga mendidih, sambil terus diaduk
  • Kemudian angkat dan dinginkan
  • Jamu kunyit asam siap disajikan

Dengan beragam manfaat kunyit asam, tak ada salahnya jika Anda menjadikan jamu tersebut sebagai minuman segar untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *