Manfaat Lobak Untuk Kesehatan Anda

Lobak adalah salah satu jenis sayuran yang mungkin kurang akrab di kalangan masyarakat Indonesia. Namun ternyata ada banyak manfaat lobak yang dapat digunakan dalam kehidupan kita terutama dalam segi kesehatan. Kandungan nutrisi sayuran lobak ini dapat menyembuhkan dan mencegah beberapa jenis penyakit. Berikut ini jenis-jenis penyakit yang bisa diatasi dengan menggunakan lobak.

Manfaat lobak untuk kesehatan

  1. Sebagai media detoksifikasi tubuh

Tubuh kita terkena banyak paparan radikal bebas yang berasal dari polusi dan makanan yang dikonsumsi. Manfaat lobak ialah dapat membuang racun yang berbahaya atau istilahnya mendetoksifikasi tubuh. Oleh karenanya, tubuh dapat terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan.

 

  1. Sebagai cara mengobati penyakit kuning

Rusaknya sel darah merah adalah salah satu penyebab penyakit kuning. Lobak bermanfaat sebagai media yang mengurangi kerusakan sel dan mendetoksifikasi darah. Sehingga banyak orang yang memilih menggunakan lobak sebagai obat alami untuk digunakan dalam mengatasi penyakit kuning.

 

  1. Meningkatkan kesehatan organ pencernaan

Salah satu manfaat lobak adalah sebagai cara meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat yang tinggi dan karbohidratnya menjaga agar usus dapat dengan normal bekerja. Selain itu, lobak juga berfungsi meningkatkan daya serap usus terhadap nutrisi yang ada dalam makanan.

 

  1. Mencegah dan meringankan keluhan sembelit

Sembelit seringkali disebabkan karena kurangnya konsumsi serat oleh tubuh. Anda dapat mengolah lobak sebagai jus untuk mengatasi sembelit dan agar sistem ekskresi menjadi semakin lancar.

 

  1. Mencegah dan menyembuhkan gangguan pada saluran kemih

Manfaat lobak yang lainnya adalah mengatasi gangguan pada saluran kemih yang berhubungan dengan produksi urin. Kandungan diuretiknya dapat mengurangi rasa sakit, nyeri, panas dan radang saat buang air kecil. Anda dapat mengonsumsi lobak dengan cara dibuat jus.

 

  1. Membantu program diet untuk menurunkan berat badan

Untuk Anda yang sedang dalam program diet, Anda dapat mengkonsumsi lobak sebagai solusinya. Sayuran ini rendah kalori sehingga dapat membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Selain itu, karena kalorinya yang rendah, Anda dapat menjadikannya sebagai pengganti karbohidrat yang aman. Indeks glikemik sayuran lobak juga tergolong rendah sehingga tidak meningkatkan gula darah yang membuat Anda cepat lapar.

 

  1. Mencegah kanker

Kandungan dalam lobak yang kaya akan asam folat dan vitamin C dapat menangkal radikal bebas yang memicu kanker. Kanker yang dapat dicegah antara lain adalah kanker lambung, mulut, ginjal, dan usus. Di dalam sayuran lobak ini juga terdapat zat isthiocyanates yang dapat membuat sel kanker tersebut mati dengan sendirinya. Oleh karena itu, konsumsilah lobak dengan rutin agar terhindar dari kanker.

 

  1. Mencegah alergi

Untuk Anda yang sering terkena alergi, Anda dapat mengkonsumsi lobak sebagai solusinya. Kulit lobak dapat Anda manfaatkan untuk meredakan asma karena dapat menenangkan otot saluran pernafasan. Selain itu, Anda dapat menggunakannya sebagai pembersih darah dari zat histamine yang dapat menyebabkan gejala alergi.

 

  1. Mencegah sakit diabetes

Kadar gula yang terlalu tinggi di dalam tubuh sangatlah berbahaya sehingga Anda harus menjaganya dalam kondisi yang normal. Lobak bermanfaat sebagai makanan yang baik untuk mengurangi resiko terkena diabetes. Indeks glikemiknya yang rendah akan menekan kenaikan gula darah dalam tubuh dan menghambat penyerapan gula dalam darah. Konsumsilah dengan rutin sayuran lobak agar gula darah Anda tetap dalam keadaan normal.

 

  1. Menjaga kesehatan kulit

Tubuh kita terutama bagian kulit sangat membutuhkan antioksidan sebagai pelindung dari radikal bebas. Kandungan vitamin C dalam lobak dapat melindungi kulit dari penuaan dini sehingga sangat direkomendasikan untuk merawat kesehatan kulit. Selain itu kandungan air di sayuran lobak juga sangat penting untuk membantu melembabkan kulit.

 

  1. Membantu menurunkan demam

Sakit demam pasti membuat Anda tidak nyaman. Namun jangan khawatir karena lobak dapat dimanfaatkan untuk mengatasi demam dan menurunkan panas tubuh. Selain itu lobak juga dapat melindungi diri kita dari virus karena memiliki kandungan vitamin C. Jika Anda juga mengeluhkan adanya peradangan, Anda dapat menggunakan lobak sebagai solusinya.

 

  1. Dapat menyembuhkan penyakit batu ginjal

Anda bisa memanfaatkan lobak untuk mengobati penyakit batu ginjal. Caranya ialah buat jus lobak, kemudian minum secara rutin. Selain dapat menghilangkan batu ginjal, lobak juga bisa mencegah kemunculan batu ginjal kembali. Sebaiknya, minum jus lobak setiap hari pada pagi hari sebelum makan pagi. Batu ginjal akan larut dan keluar melalui air seni dengan sendirinya.

 

Ternyata ada banyak sekali manfaat lobak yang bisa kita gunakan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Selain itu, lobak juga dapat dijadikan sebagai media pencegahan berbagai penyakit. Lobak bisa diperoleh dengan mudah dan harganya terjangkau. Namun perlu diingat bila Anda memiliki gangguan tiroid, sebaiknya hindari mengkonsumsi lobak. Hal ini karena lobak termasuk golongan makanan yang goitrogenik sehingga dapat memperparah keadaan tiroid sang penderita.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.