Inilah 7 Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil yang Perlu Anda Ketahui

Makanan sehat untuk ibu hamil harus benar-benar Anda perhatikan ketika Anda sedang hamil. Makanan tersebut harus mengandung berbagai macam nutrisi untuk mendukung kehamilan Anda. Sebab, mengkonsumsi makanan sehat saat hamil dapat mengatasi berbagai macam gangguan penyakit yang disebabkan karena kekurangan nutrisi seperti halnya kalsium, zat besi, asam folat, vitamin B6, magnesium, protein dan omega 3. Semua makanan yang mengandung nutrisi tersebut sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin yang dikandung.

Lalu, apa saja makanan sehat untuk ibu hamil yang bisa Anda konsumsi? Berikut ini beberapa jenis makanan sehat untuk ibu hamil yang mengandung banyak nutrisi sehingga sangat baik untuk kehamilan,

Bayam

Makanan sehat untuk ibu hamil yang pertama adalah bayam. Bayam merupakan salah satu sayuran yang sangat baik untuk ibu hamil. Sebab, bayam banyak mengandung nutrisi seperti folat, zat besi, kalsium dan serat. Kandungan serat yang ada pada bayam bisa membantu ibu hamil mengatasi masalah sembelit serta gangguan pencernaan lainnya. vitamin C yang ada pada bayam juga bermanfaat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh pada ibu hamil.

Selain itu, kandungan kalsiumnya sangan baik untuk membantu ibu hamil dalam memproduksi sel darah merah. Namun, Anda dianjurkan mengkonsumsi bayam yang masih segar, bukan yang sudah dimasukkan ke dalam kulkas. Anda bisa memasaknya dengan menggunakan campuran wortel serta sedikit bawang merah.

Kubis

Menu harian yang harus Anda konsumsi saat hamil adalah kubis. Namun, kubis yang akan Anda konsumsi harus dimasak sampai benar-benar matang. Anda juga disarankan untuk menghindari mengkonsumsi kubis mentah, karena bisa membahayakan janin. Anda bisa memasaknya menjadi sup ataupun tumis.

Berbagai manfaat mengkonsumsi kubis saat hamil di antaranya membantu proses pembentukan tulang pada janin, mendorong pembentukan sel darah merah sehingga menghindari ibu hamil dari anemia, menjaga janin agar tidak mengalami cacat tabung syaraf dan mengatasi masalah sembelit pada ibu hamil. Selain itu, kubis juga merupakan salah satu sayuran yang menjadi sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan Vitamin K.

Brokoli

Makanan sehat ibu hamil yang selanjutnya adalah brokoli. Cara terbaik untuk mengkonsumsi brokoli adalah dengan memasaknya menjadi sup dengan sedikit garam. Perlu diketahui juga, bahwa ibu hamil tidak diperkenankan mengkonsumsi brokoli yang sudah disimpan dalam kulkas selama 24 jam. Sebab, kandungan nutrisinya sudah tidak baik untuk kesehatan ibu dan janin.

Mengkonsumsi brokoli saat hamil memiliki banyak manfaat seperti melindungi bayi dari kelainan tulang belakang dan cacat tabung syaraf, mencegah anemia pada ibu hamil, melindungi janin dari berbagai jenis penyakit kanker, mendukung pertumbuhan tulang, gigi serta otot. Selain manfaat tersebut, mengkonsumsi brokoli saat hamil juga akan membuat bayi Anda memiliki kecenderungan untuk makan sayur saat sudah besar nanti.

Kembang kol

Kembang kol banyak mengandung vitamin C, folat serta kalsium. Dengan mengkonsumsi kembang kola selama masa kehamilan maka Anda akan banyak mendapat seperti mendukung sistem kekebalan tubuh, melindungi ibu hamil dari anemia, mencegah bayi lahir cacat dan lahir premature, membentuk fungsi plasenta dan memelihara kesehatan janin, mendukung pertumbuhan gigi dan gigi, serta menghindari cacat syaraf dan otot pada bayi. Selain itu, kembang kol juga sangat bermanfaat untuk ibu hamil dalam mengatasi masalah sembelit.

Kacang hijau

Seperti yang Anda ketahui bahwa kacang hijau memiliki manfaat yang sudah tidak diragukan lagi. Kandungan yang ada pada kacang hijau di antaranya protein nabati, mineral, kalsium, fosfor dan asam lemak tak jenuh. Manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kacang hijau saat hamil di antaranya mengurangi resiko penyakit pernapasan pada bayi, mengurangi rasa mual pada trimester pertama, mendukung kesehatan jantung pada ibu dan janin.

Jeruk

Selain sayur, buah juga sangat baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Salah satu buah yang paling baik untuk dikonsumsi adalah jeruk. Berbagai manfaat yang bisa didapat jika mengkonsumsi jeruk saat hamil adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu, menjaga sistem pelepasan zat besi, menjaga kesehatan otak bayi, melindungi janin dari masalah penyakit pernapasan, mendukung pembentukan sel darah merah, menghindari cacat janin, membantu masalah dehidrasi pada ibu hamil serta membantu ibu hamil agar lebih lama merasa kenyang sehingga terhindar dari obesitas.

Alpukat

Selain jeruk, makanan sehat untuk ibu hamil lainnya adalah alpukat. Kandungan yang ada pada alpukat di antaranya kalsium, vitamin C, vitamin E, vitamin K, vitamin B1, vitamin B2 dan vitamin B6. Anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dibuat jus atau bisa juga dimakan dengan keju. Ibu hamil sangat dianjurkan untuk makan alpukat pada saat trimester ke dua. Manfaat jika mengkonsumsi alpukat di antaranya membantu pembentukan tulang, gigi serta sistem otot, mengatasi mual yang berlebihan, mencegah ibu hamil dari rasa lelah dan lemah, mencegah sembelit dan meningkatkan fungsi pencernaan pada usus, meningkatkan perkembangan otak dan syaraf pada janin, serta menurunkan kolesterol dan kadar gula darah pada ibu hamil.

Sebagai ibu hamil, pemilihan makanan sehat untuk ibu hamil sangatlah penting. Anda juga bisa memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi di setiap trimester sesuai dengan kebutuhan Anda dan janin. Selain itu, Anda juga dianjurkan untuk mengolah makanan sendiri agar kesehatan dan kesegarannya bisa terjaga.