Inilah 6 Jenis Makanan Penambah Darah Yang Dapat Anda Coba

Jangan anggap masalah anemia sebagai penyakit yang sepele karena ternyata dampaknya bisa membahayakan kesehatan. Konsumsi makanan penambah darah agar kebutuhan tubuh terpenuhi dan terhindar dari bahayanya. Bila anemia tidak segera teratasi, tubuh akan merasa mudah lelah, kulit pucat, sakit kepala dan lain sebagainya. Ini disebabkan tubuh kekurangan sel darah merah yang dapat mengantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh.

Untuk Anda yang terserang anemia, Anda bisa mengkonsumsi bahan makanan yang dipercaya dapat menambah darah. Hal ini jauh lebih aman dibandingkan bila Anda harus mengkonsumsi obat kimia sebagai penambah darah. Selain itu mengkonsumsi makanan sehat dapat dijadikan gaya hidup yang baik untuk pencegahan berbagai penyakit lainnya. Nah, berikut ini adalah makanan penambah darah yang bisa Anda jadikan pilihan.

Jenis makanan penambah darah

Daging Merah

Daging merah sudah sangat dikenal manfaatnya sebagai makanan penambah darah yang dapat bekerja secara efektif. Jenis daging merah yang dimaksud antara lain adalah daging kambing, sapi dan kerbau. Beberapa daging tersebut banyak mengandung zat besi, protein hewani, mineral dan juga protein. Zat besi ini berperan sebagai penghasil hemoglobin dan protein sebagai penyusun sel darah merah.

Ikan

Ikan yang paling direkomendasikan sebagai makanan penambah darah adalah ikan salmon. Kandungan asam lemak omega 3 dari ikan salmon sangat tinggi sehingga sangat baik untuk mengatasi kurang darah. Selain itu ikan salmon juga mengandung banyak vitamin B-12 yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah. Anda juga tidak perlu khawatir dengan kolesterol bila mengkonsumsi ikan salmon karena rendah kolesterol dan tidak berbahaya.

Kacang-kacangan

Ada banyak jenis kacang-kacangan yang bisa Anda konsumsi sebagai makanan penambah darah. diantaranya adalah kacang panjang, kacang almond, kacang merah, buncis, kacang hijau dan lain sebagainya. Kandungan gizi dalam kacang-kacangan ini dapat menaikkan hemoglobin karena banyak terdapat zat besi di dalamnya. Di samping itu, mengkonsumsi kacang juga dapat membantu tubuh kita dalam menaikkan tekanan darah.

Sayuran

Sayuran penambah darah ada banyak macamnya antara lain adalah brokoli yang tinggi kandungan zat besi dan proteinnya. Hal ini akan membantu tubuh memproduksi sel darah merah dengan lebih cepat. Selain itu brokoli juga sangat bagus sebagai penangkal radikal bebas dan membuat imun tubuh semakin kuat.

Sayuran lainnya yang direkomendasikan untuk mengatasi anemia adalah bayam. Kandungan zat besinya dipercaya efektif menambah darah sehingga dapat dengan maksimal membantu memulihkan kondisi anemia. Selain itu, bayam juga kaya akan vitamin E, serat, asam folat, vitamin A dan juga kalsium.

Selain dua sayuran diatas, Anda juga dapat menggunakan sawi sebagai solusi mengatasi anemia. Sawi sangat efektif meregenerasi hemoglobin dan banyak mengandung vitamin C, vitamin A, vitamin B. Kandungan mineralnya juga penting bagi tubuh karena memiliki kalium dan juga magnesium.

Buah-buahan

Buah juga dipercaya sebagai makanan penambah darah yang baik untuk tubuh. Anda bisa mengkonsumsi buah jeruk yang mengandung banyak zat besi, asam folat dan juga kaya vitamin C. Zat besi ini nantinya berfungsi sebagai pengikat oksigen dalam sel darah merah sehingga nantinya produksi sel darah merah dapat lebih cepat.

Selain jeruk, anggur juga sangat direkomendasikan bagi Anda yang kekurangan darah karena tinggi akan asam folat. Selain itu, khasiat lainnya adalah dapat membantu membentuk sel darah merah yang tentu saja sangat membantu mengembalikan kondisi tubuh yang terkena anemia.

Buah lainnya yang bisa Anda coba adalah buah kurma dan strawberry. Kandungan vitamin B kompleks di dalam buah kurma bermanfaat untuk menurunkan resiko gejala anemia dan juga meningkatkan produksi sel darah merah. Sedangkan buah strawberry kaya akan zat besi rendah lemak, berserat tinggi, banyak mengandung anti oksidan dan berguna menambah darah di dalam tubuh.

Daging unggas

Mengkonsumsi daging unggas juga dapat sebagai solusi penambah darah. Daging yang direkomendasikan antara lain daging ayam dan bebek. Dengan hanya mengkonsumsi sebanyak 100 gram saja, Anda sudah memenuhi 13% jumlah zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh sesuai yang disarankan. Hal ini dapat Anda coba sebagai cara yang lebih terjangkau dibandingkan dengan membeli daging merah yang harganya jauh lebih mahal.

Mulai sekarang, jangan anggap remeh gejala anemia yang Anda alami. Karena bila dibiarkan lama kelamaan akan menyebabkan hal yang cukup fatal. Kekurangan sel darah merah dapat membuat Anda rentan terkena infeksi, masalah jantung, kelelahan berat, gangguan kehamilan dan yang paling fatal adalah berujung kematian. Jangan menunda untuk mengaplikasikan gaya hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan penambah darah. Penuhilah asupan nutrisi harian Anda dan jaga pola hidup agar terhindar dari berbagai bahaya penyakit Anemia. Apabila cara di atas belum juga berhasil mengatasi masalah anemia Anda, segeralah berkonsultasi ke dokter agar mendapat penanganan medis.