14 Manfaat Buah Apel Untuk Kesehatan Tubuh Dan Kecantikan Kulit

Manfaat Buah Apel Stemcell
Manfaat Buah Apel

Apel merupakan salah satu buah yang dipercaya memiliki kandungan anti oksidan cukup tinggi. Oleh sebab itulah, apel dinilai menjadi buah yang bisa menangkal radikal bebas secara efektif. Konsumsi apel juga bisa membantu mereka yang sedang diet dengan cara menahan rasa lapar cukup lama karena kandungan serat di dalamnya. Lebih lengkapnya lagi berikut ini adalah manfaat apel untuk kesehatan dan kecantikan:

Manfaat Buah Apel

1.Mencegah Kanker

Apel  mampu mencegah timbulnya sel kanker serta mengobati kanker secara alami, terutama bagi mereka yang memiliki kanker payudara dan usus besar. Konsumsi apel secara rutin juga bisa mencegah sel kanker menyebar keseluruh tubuh. Anjuran konsumsi apel harian untuk mencegah kanker adalah 1 hari 1 kali atau 2 hari 1 kali.

2.Menyehatkan pencernaan

Apel memiliki kandungan pektin, kandungan tersebut adalah salah satu jenis serat yang akan bertindak sebagai probiotik pada tubuh. Secara khusus, apel mampu menitkatkan kinerja bakteri yang ada di dalam usus besar karena mampu merangsang metabolisme dalam saluran pencernaan serta menjaga bakteri baik dalam usus.

3.Mengurangi resiko stroke

Penelitian medis  telah menunjukkan bahwa asupan apel dapat mengurangi risiko stroke trombotik pada pria dan wanita. Konsumsi secara rutin sejak masih mudapun sangat dianjurkan karena resiko stroke bisa sangat dijauhi sejak dini bahkan Anda benar-benar akan terhindar dari penyakit tersebut.

4.Mengobati Anemia

Apel berguna untuk mengobati anemia karena diperkaya akan kandungan zat besi. Dengan meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh, apel tidak hanya mencegah anemia tetapi juga memastikan oksigenasi sistem organ esensial yang tepat. Proses ini nantinya akan  menghasilkan peningkatan pada sirkulasi darah.

5.Meningkatkan sistem imun tubuh

Apel juga diperkaya akan kandungan vitamin C, senyawa anti oksidan dan protein yang mampu meningkatkan sistem imun pada tubuh secara alami. Anda juga mampu menghindari radikal bebas akibat polusi yang bisa membahayakan kesehatan karena sifat anti oksidannya tersebut.

6.Detoksifikasi racun

Secara alami apel mampu membantu detoksifikasi pada tubuh dan mengeluarkan racun yang tidak penting serta membahayakan. Mereka yang sedang melakukan diet pun sangat dianjurkan bisa mengkonsumsi apel sebagai langkah detoksifikasi tubuh.

Manfaat Buah Apel Stemcell

7.Mengontrol gula darah

Mengontrol gula darah terutama pada penderita diabetes dianggap sangat penting karena saat gula darah meningkat akan sangat membahayakan. Salah satu cara mengontrol gula darah bisa Anda lakukan dengan cara menkonsumsi makanan yang Indeks Glikemiknya rendah. Nah, apel masuk ke dalam makanan dengan nilai Indeks Glikemik yang rendah sehingga sangat dianjurkan untuk bisa dikonsumsi oleh para penderita diabetes.

8.Perawatan gigi

Makan apel bisa membantu dalam pembersihan gigi dan gusi. Ketika Anda makan apel, serat di dalamnya mampu membersihkan gigi, sementara sifat anti bakteri dari buah ini akan menjaga tubuh dari bakteri dan virus yang bisa membuat tubuh infeksi. Apel juga mampu merangsang sekresi saliva (senyawa alkalin) yang bisa mengurangi kemampuan bakteri untuk berkembang biak dan tumbuh di dalam mulut.

9.Mencegah Alzheimer

Efek anti oksidan dari semua senyawa phytonutrisi pada apel jelas membantu  mengurangi penyakit Alzheimer karena degenerasi otak yang mengarah ke Alzheimer telah dikaitkan dengan aktivitas radikal bebas. Sementara dalam penyakit Parkinson, apel  bisa menghentikan kerusakan sel-sel saraf yang memproduksi dopamin, yang  menjadi penyebab penyakit tersebut.

1o.Meningkatkan kesehatan otak

Apel juga dinilai mampu meningkatkan jumlah asetilkolin di dalam otak. Peningkatan tersebut sangat erat kaitannya dengan peningkatan konsentrasi , pemecahan masalah, dan memori otak (daya ingat).

11.Mengobati Asma

Selain anti oksidan, apel juga memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mampu mengatasi penyakit asma. Konsumsi secara rutin minimal 2 hari sekali bisa membantu mengurangi gejala asma secara bertahap.

12.Menurunkan Kolesterol

Kolesterol merupakan zat yang sangat membahayakan untuk tubuh jika masuk secara berlebihan. Oleh sebab itulah mereka yang memiliki masalah berat badan, hipertensi dan diabetes kerap kali dikaitkan dengan kolesterol, saking membahayakannya kolesterol tinggi bisa saja menyebabkan stroke mendadak.

Serat larut yang ada di dalam apel mampu menurunkan tingkat  kolesterol dalam tubuh, menjadikannya mekanisme pertahanan yang kuat terhadap penyakit kardiovaskular. Makan apel setiap hari menghasilkan penurunan 23% kolesterol LDL (jahat) dan 4% peningkatan HDL (baik) hanya dalam waktu enam bulan.

13.Membantu meningkatkan kesehatan tulang dan mengobati penyakit tulang

Senyawa seperti kaempferol, quercetin, dan myricetin dalam apel telah dikaitkan dengan khasiatnya yang mampu mengurangi kondisi peradangan pada tulang seperti arthritis dan asam urat. Sehingga bagi Anda yang memiliki masalah tulang atau ingin menyehatkan tulang, konsumsi apel secara rutin bisa sangat membantu.

14.Merawat kulit dan menghindari masalah kulit

Anti oksidan yang terdapat di dalam apel mampu mencegah terjadinya radikal bebas yang membuat kulit rusak. Jika kulit terlalu sering mendapatkan serangan radikal bebas akan menyebabkan penuaan lebih cepat, oleh sebab itulah salah satu langkah pencegahannya bisa dengan mengkonsumsi apel. Apel mampu meregenerasi kulit serta mencegah terjadinya jerawat secara alami. Konsumsi apel 1 hari 1 kali atau menjadikannya masker alami bisa sangat membantu proses perawatan kulit Anda.

Itulah 14 manfaat apel untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak buruk bukan mengkonsumsi apel setiap hari? Tentu saja. Ini karena kandungan serta khasiat-khasiat ampuh yang diberikan apel mampu membantu peningkatan kesehatan serta kecantikan secara alami.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*