15 Manfaat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

Manfaat Madu Murni
Manfaat Madu Murni

Madu merupakan cairan menyehatkan yang diproduksi oleh lebah. Karena manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan tubuh sangat terjamin dan terpercaya maka mengkonsumsinya secara rutin juga dianjurkan.  Hanya dengan 1 sendok madu per hari saja, Anda sudah bisa memberikan manfaat sangat banyak, apa saja manfaatnya?

Manfaat Madu

1.Membantu menurunkan kolesterol jahat

Sebuah penelitian yang dilakukan ahli gizi mengungkapkan bahwa mereka yang secara rutin mengkonsumsi madu disamping berat badan yang berlebihan akan membantu dalam proses penurunan berat badan dengan cara menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, kolesterol baik atau HDL yang dibutuhkan tubuh juga akan semakin meningkat, sehingga secara efektif madu bisa membantu untuk melancarkan program diet secara alami.

2.Melembabkan kulit

Apakah Anda memiliki masalah kulit kering? Cobalah menggunakan madu sebagai lulur atau sebagai masker wajah untuk membuatnya lembap kembali. Ya, madu sangat dipercaya bisa menyehatkan kulit dan meremajakannya secara alami. Tidak sedikit produk-produk kecantikan menjadikan madu sebagai bahan dasar pembuatannya.

3.Obat jerawat

Madu memiliki sifat anti mikroba yang bisa mengurangi adanya peradangan akibat jerawat. Anda bisa memanfaatkannya dengan cara mengoleskan 1 tetes madu ke bagian jerawat kemudian membiarkan kandungannya meresap. Lambat laut secara alami peradangan pada jerawat akan semakin membaik.

Manfaat Madu Murni
Manfaat Madu Murni

4.Meredakan batuk dan sakit tenggorokan

Madu juga memiliki sifat anti bakteri ringan yang memberikan manfaat untuk tenggorokan. Jika tenggorokan terasa sakit atau sedang menaglami radang disertai batuk, obat alami dari madu akan sangat membantu. Anda cukup mencampurkan 1 sendok makan madu ke dalam air hangat, kemudian meminumnya 2 kali sehat.

5.Obat luka bakar

Sebuah penelitian juga menyatakan bahwa mereka yang mengalami luka bakar bisa mengobati lukanya menggunakan madu. Proses penyembuhan dengan madu akan lebih cepat dan peradangan tidak akan semakin parah, luka juga akan semakin cepat kering dan mencegah terjadinya infeksi yang membahayakan.

6.Menghilangkan ketombe

Adanya ketombe pada kulit kepala akan membuat kepala Anda terasa gatal sekali, tentunya ini sangat tidak nyaman bukan? Nah, dengan penggunaan madu yang dicampurkan dengan sampo, Anda bisa menghilangkan ketombe secara efektif. Lakukan keramas madu dan sampo secara rutin bisa membantu mengurangi ketombe bahkan menghilangkannya, rasa gatal pun akan semakin berkurang. Madu mempunyai sifat anti jamur serta melembapkan, oleh sebab itulah bisa mengatasi masalah pada kulit kepala dengan baik.

7.Menurunkan kadar gula darah

Diabetes, salah satu penyakit kronis yang sangat membahayakan dan bisa menyebabkan kematian serta resiko penyakit lainnya. Saat kadar gula dara tinggi maka penderita diabetes harus sangat waspada dan harus segera mengkonsumsi obat atau melakukan injeksi insulin guna membuatnya stabil kembali. Penyebab dari kenaikan gula darah tersebut tidak lain karena konsumsi makanan yang terlalu banyak gula. Sehingga dibandingkan gula, sebagai tambahan pemanis pada makanan sebaiknya Anda memanfaatkan madu yang tidak terlalu membahayakan serta mampu menjaga kadar gula darah tetap dalam keadaan stabil.

8.Meningkatkan kinerja pencernaan dengan baik

Madu merupakan salah satu obat pencahar ringan yang kaya akan kandungan probiotik. Oleh karena itulah, madu bisa membantu mengurangi sembelit, kembung, dan gas. Minumlah satu sendok makan madu sebelum makan berat atau bisa juga dengan cara menyeduhnya dengan tambahan lemon dan air hangat untuk meningkatkan pencernaan Anda.

9.Menyembuhkan Insomnia

Apakah Anda kesulitan tidur saat malam hari? Cobalah konsumsi madu untuk mengatasinya. Madu mengandung tryptophan asam amino yang mengatasi masalah sulit tidur dan membantu Anda tidur lebih nyenyak. Anda bisa mengkonsumsi seduhan air madu yang ditambahkan air hangat sebelum tidur.

10.Meningkatkan Energi

Madu mengandung molekul gula alami yaitu glukosa dan fruktosa yang cepat diserap oleh tubuh. Kandungan tersebut mampu memberikan energi dengan baik pada tubu. Beberapa atlet juga kerap kali memanfaatkan madu sebagai cara mencegah terjadinya kelelahan pada otot.

11.Meningkatkan Jumlah Sel Darah Putih

Pasien kanker melalui kemoterapi sering menghadapi masalah jumlah sel darah putih yang rendah. Cobalah minum 2 sendok teh madu setiap hari selama pengobatan kemoterapi, itu akan sangat membantu meningkatkan kembali jumlah sel darah putih.

12.Baik untuk Jantung

Flavonoid dan anti-oksidan dalam madu juga dinilai sangat baik untuk kesehatan jantung. Madu akan menghambat oksidasi kolesterol jahat yang ada di dalam darah. Konsumsi madu secara rutin akan semakin membantu menyehatkan jantung secara alami.

13.Mengurangi Kekeringan Rambut

Sifat melembapkan yang ada pada madu bisa membantu masalah rambut kering dan bercabang. Campurkan setengah cangkir madu dengan ¼ cangkir minyak zaitun dan gunakanlah campuran tersebut untuk keramas. Cuci rambut setelah 30 menit, cara ini akan semakin menyehatkan rambut Anda.

14.Baik untuk kesehatan kulit

Madu mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran dari kulit. Ini akan membantu kuit Anda tetap dalam keadaan sehat serta bisa terhindar dari masalah kulit kering, berminyak, jerawat dan kusam.

15.Melembapkan bibir secara alami

Tidak sedikit orang yang memiliki masalah pada bibir seperti bibir pecah-pecah dan kering. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengoleskan madu ke area bibir Anda, kemudian mendiamkannya beberapa menit baru membasuhnya. Anda juga bisa menambahkan gula dengan madu, ini akan menjadi scrub bibir alami yang bisa Anda buat sendiri.

Itulah 15 manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan tubuh. Sangat banyak sekali khasiat madu jadi Anda tidak perlu meragukan lagi akan kandungan di dalamnya.