6 Bahan Herbal Untuk Masker Wajah Yang Bagus Dan Mudah Didapatkan

Masker wajah kerap kali digunakan sebagai cara perawatan kulit agar terhindar dari masalah-masalah pada kulit seperti jerawat, kulit kusam, noda hitam dan lain-lain. Beberapa orang biasanya akan membeli masker dari produk kecantikan tertentu, namun tahukah Anda, ada bahan alami yang bagus untuk masker? Untuk menambah pengetahuan seputar kecantikan, berikut pembahasannya.

1. Masker Alami Berbahan Pisang Dan Madu

Anda memiliki masalah kulit berminyak? Tentunya sangat tidak nyaman bukan? Nah, masker alami dari campuran pisang dan madu bisa membantu Anda mengurangi minyak pada kulit. Untuk membuat olahan maskernya, Anda membutuhkan beberapa bahan diantaranya pisang, madu dan air jeruk.

Cara pengolahan:

Haluskan 1 buah pisang matang dalam mangkuk, kemudian tambahkan 2 sendok makan madu dan aduk rata, tambahkan 1 sendok teh air perasan jeruk, aduk kembali hingga semua bahan tercampur.

Cara pemakaian masker pisang dan madu:

Untuk menggunakan masker ini, pertama-tama bersihkan wajah Anda dengan air hangat. Kemudian oleskan masker yang sudah dibuat ke wajah Anda. Diamkan selama 20 menit agar semua kandungannya bisa menyerap ke dalam kulit. Bilas masker dengan air hangat. Selesai, Anda bisa menggunakannya minimal 2 kali seminggu atau lebih sering agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Olahan Madu, Oatmeal dan Susu

Selanjutnya adalah masker yang terbuat dari olahan madu, oat meal dan susu. Madu mampu melembabkan kulit secara alami, sementara oat meal memiliki sifat anti jerawat sehingga sangat membantu dalam perawatan kulit, begitu juga dengan susu yang memang sudah sangat terkenal akan khasiatnya untuk menjaga keremajaan kulit. Untuk membuat olahan masker ini, bahan utama yang dibutuhkan tentu saja, oat meal kering, madu dan susu.

Cara pengolahan masker madu, oat meal dan susu:

  • Masukan 3 sendok makan oat kering ke dalam blender.
  • Tambahkan 1 sendok makan susu alami.
  • Campurkan semua bahan hingga membentuk pasta
  • Tambahkan 1 sendok madu di akhir

Cara pemakaian:

Bilas wajah hingga bersih menggunakan air sebelum akan menggunakan masker, kemudian keringkan menggunakan handuk. Oleskanlah olahan masker yang sudah dibuat ke wajah Anda secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, agar semua kandungannya bisa menyerap ke dalam kulit. Jika sudah selesai, segera bilas menggunakan air hangat.

Masker Wajah Terbaik

3. Masker Mentimun Dan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki manfaat banyak untuk kulit salah satunya adalah mencegah penuaan pada kulit, sehingga bisa menjadi anti aging alami. Lidah buaya juga mampu membuat kulit tampak lembab dan sehat kembali. Sementara mentimun juga mampu menjaga keremajaan kulit secara maksimal.

Untuk pengolahan maskernya, kamu bisa menyiapkan gel lidah buaya dan mentimun. Blender mentimun hingga halus kemudian tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya, aduk hingga merata.

Oleskan olahan masker ke wajah Anda, diamkan selama beberapa menit sambil memijat wajah agar terasa rileks. Jika sudah 15 menit Anda bisa membasuh wajah kembali.

4. Olahan Tepung Dan Anggur

Anggur akan bertindak sebagai exfoliator lembut yang secara efektif bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu, vitamin E di dalam anggur juga sangat membantu kulit Anda agar tetap dalam keadaan lembap dan sehat. Untuk mengolah maskernya, Anda bisa sediakan tepung dan 12 buah anggur.

Cara pengolahan:

  • Hancurkan 12 buah anggur di dalam mangkuk (bisa menggunakan sendok, kalau ingin lebih praktis bisa diblender tanpa air)
  • Tambahkan 1 sendok teh tepung, aduk merata hingga membentuk pasta.

Jika olahannya sudah membentuk pasta maka Anda bisa langsung menggunakan maskernya. Namun pertama, Anda harus membilas wajah Anda dulu menggunakan air bersih ya baru bisa mengoleskan olahan masker yang sudah di buat ke wajah secara merata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas menggunakan air.

5. Masker Madu Dan Garam Epsom

Garam Epsom adalah mineral murni (magnesium sulfat) yang dapat memberikan manfaat pada kulit Anda. Beberapa manfaatnya seperti bisa melawan radikal bebas, meredakan peradangan, dan membantu tubuh serta kulit terhindar dari racun. Sementara madu sudah tidak diragukan lagi akan khasiatnya, karena memang madu sudah terkenal manfaatnya bisa melembapkan kulit secara alami.

Sebelum proses pengolahan masker, Anda bisa menyiapkan 2 sendok makan madu dan 2 sendok makan garam Epsom. Selanjutnya untuk pengolahannya sangat sederhana, tinggal mencampurkan kedua bahan, kemudian aduk hingga membentuk pasta.

Oleskan masker yang sudah Anda buat ke seluruh wajah. Diamkan selama kurang lebih 30 menit atau hingga masker mengering, lalu bersihkan wajah menggunakan air hangat. Saat selesai maskeran Anda akan merasakan kulit menjadi lembut seperti bayi.

6. Olahan Masker Minyak Vitamin E Dan Alpukat

Vitamin E merupakan salah satu jenis anti inflamasi kuat yang juga bisa membantu dalam proses perbaikan kulit (regenerasi). Vitamin E bisa Anda temukan dari berbagai macam sayuran, namun yang diajurkan untuk mengolah menjadikannya masker dari minyak vitamin E. Sementara alpukat juga sudah sangat terkenal akan khasiatnya baik untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan atau hanya untuk kulit saja.

Cara pengolahan:

Untuk pembuatan maskernya, Anda bisa menyiapkan alpukat dan minyak vitamin E. Kemudian hancurkan daging alpukat menjadi halus dan tambahkan minyak ke dalamnya (1 sendok saja), aduk hingga menjadi pasta. Anda tinggal mengoleskan masker tersebut ke wajah dan diamkan selama 20 menit agar kandungannya menyerap. Kalau sudah selesai, basuh wajah menggunakan air.

Itulah 6 bahan alami yang bagus untuk masker, ingin mencobanya? Anda bisa memilih bahan mana yang kira-kira mudah didapatkan agar tidak perlu repot mencarinya.