Cara Memancungkan Hidung

Banyak orang yang ingin memiliki hidung mancung. Hidung yang mancung akan membuat seseorang terlihat makin menarik. Sayangnya, tidak semua orang beruntung memiliki hidung mancung. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk memancungkan hidung. Cara instan yang biasa dilakukan oleh kebanyakan orang ialah melakukan operasi plastik. Akan tetapi, cara ini sangat beresiko karena menimbulkan efek samping. Apabila Anda menginginkan hidung mancung, sebaiknya gunakan cara memancungkan hidung secara alami karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi tubuh. Selain itu, biaya yang dikeluarkan pun sangat terjangkau. Berikut adalah cara memancungkan hidung yang terbukti aman.                                                             

Pembentukan hidung (nose shaping)

Cara memancungkan hidung secara aman bisa dengan melakukan teknik pembentukan hidung atau nose shaping. Sekalipun cara ini sedikit membutuhkan waktu, namun nose shaping terbukti ampuh dan aman dilakukan. Langkah-langkahnya adalah:

  • Tekan kedua sisi hidung menggunakan kedua jari telunjuk. Kemudian lihatlah ke atas tanpa menengadahkan kepala Anda. Tujuannya ialah agar otot-otot tertarik ke atas.
  • Saat menekan hidung tersebut, tariklah napas seperti biasa. Akan tetapi pada saat menghembuskannya, lakukanlah dengan kencang sambil mengembangkan lubang hidung Anda.
  • Lakukan pembentukan hidung ini selama 10 detik setiap hari.

Pelurusan hidung

Teknik pelurusan hidung dapat membuat hidung Anda menjadi mancung. Untuk melakukannya ialah sebagai berikut:

  • Tempatkan jari telunjuk Anda di bawah cuping (ujung) hidung
  • Setelah itu, angkat sedikit dengan perlahan ke atas. Angkat setinggi bentuk hidung yang diinginkan.
  • Lakukan gerakan ini sebanyak 30 kali setiap hari.

Latihan bernafas

Latihan bernafas merupakan salah satu bagian dari gerakan saat yoga, yaitu dikenal dengan ujjayi breathing atau alternate channel/nostril breathing. Gerakan  ini mampu memancungkan hidung Anda.

Caranya sebagai berikut:

  1. Duduklah dengan nyaman, lalu tutuplah salah satu lubang hidung Anda.
  2. Tarik napas dalam-dalam melalui satu lubang hidung tersebut.
  3. Tahan napas selama 4 detik, lalu hembuskan melalui lubang hidung yang satunya.

Memijat hidung (nose massaging)

Cara memancungkan hidung yang berikutnya adalah dengan melakukan pemijatan hidung. Caranya adalah dengan memulai memijat hidung dengan satu garis diantara mata, kemudian turun ke hidung. Setelah itu, pijat juga sisi hidung Anda. Lakukan pemijatan ini selama 5 menit setiap harinya.

Mengerutkan hidung

Cara yang selanjutnya adalah dengan mengerutkan hidung. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Letakkan jari tengah dan jari manis Anda pada bagian sudut mata.
  • Setelah itu urut ke arah bawah hingga otot hidung Anda terasa

Mencubit hidung

Cara memancungkan hidung yang satu ini memang terdengar sepele. Namun hasilnya cukup efektif jika dilakukan secara rutin. Caranya yaitu dengan mencubit atau menekan kedua sisi pangkal hidung dengan menggunakan kedua jari telunjuk Anda. Cubit dan tekan dengan mengarah ke depan. Lakukan cubit hidung ini selama 10 menit setiap harinya secara teratur.

Tersenyum (smiling fish frenzy)

Cara yang satu ini sangatlah mudah. Tersenyumlah dengan cara mengepalkan gigi Anda. Gerakan senyum ini hampir menyerupai mulut ikan. Tahan posisi tersebut selama 30 menit. Setelah itu, kendurkan otot-otot pipi Anda. Ulangi gerakan ini secara rutin.

Peregangan wajah

Meregangkan wajah juga dapat memancungkan hidung Anda. Selain itu dengan meregangkan wajah maka otot wajah termasuk otot hidung Anda akan menjadi rileks. Caranya adalah kerutkan pipi dan bibir Anda. Kemudian tarik kedua pipi ke arah belakang atau arah telinga dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah. Tahan posisi tersebut selama 5 hingga 10 menit, lalu lepaskan. Lakukan peregangan wajah itu secara teratur, minimal sekali setiap hari.

Memijat wajah

Melakukan pijatan pada wajah, selain dapat membuat mengencangkan wajah dan melancarkan peredaran darah, ternyata juga dapat menstimulasi otot hidung sehingga tampak lebih mancung. Cara memancungkan hidung dengan pijat wajah ini juga ada aturannya, sebab apabila salah dalam memijat maka dapat mempengaruhi sistem saraf pada wajah.

Caranya yaitu:

  • Sediakan minyak zaitun secukupnya, lalu oleskan pada area wajah termasuk hidung Anda.
  • Pijat wajah Anda mulai dari bagian dekat mata, lalu turun ke arah bawah wajah dekat lubang hidung. Lakukan dengan lembut dan perlahan menggunakan jari tangan Anda.
  • Lakukan pemijatan wajah ini setidaknya sekali dalam seminggu.

Gunakan alat

Salah satu jenis alat yang berfungsi untuk memancungkan hidung adalah nose up (clipper). Alat ini bentuknya menyerupai penjepit yang cara kerjanya adalah menjepitkannya pada ujung hidung Anda. Jepitlah paling lama sekitar 15 menit. Jangan menjepitnya terlalu lama karena dapat menghambat peredaran darah pada wajah.

Itulah tadi beberapa cara memancungkan hidung yang telah terbukti aman. Selain aman, cara-cara tersebut juga hemat biaya dan dapat Anda lakukan sendiri di rumah. Lakukan secara teratur untuk mendapatkan hidung mancung yang Anda inginkan.