5 Cara Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Herbal

Setiap orang pasti pernah terluka, bisa karena terjatuh, tergores atau terbakar. Beberapa luka biasanya ada saja yang membekas dan sulit dihilangkan. Kalau bekas luka tersebut ada dibagian tubuh yang terlihat, seperti wajah, tangan dan bagian lainnya itu pasti akan sangat mengganggu. Bagi Anda yang ingin menghilangkan noda bekas luka pada kulit, berikut ini rekomendasi cara menghilangkan bekas luka dengan bahan herbal.

  1. Menggunakan aloe vera (gel lidah buaya)

Aloe vera  atau lidah buaya adalah tanaman herbal yang mampu menghilangkan bekas luka secara alami karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antibakteri. Menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan bekas luka, akan bekerja sebagai emolien alami yang mampu membantu memperbaiki kulit rusak serta meningkatkan pertumbuhan kulit baru. Selain itu, lidah buaya juga mampu meningkatkan tekstur kulit Anda.

Cara penggunaan lidah buaya untuk bekas luka:

  • Kupas bagian luar dari daun lidah buaya dan ambil gelnya.
  • Oleskan gel pada bekas luka Anda kemudian pijat dengan gerakan memutar.
  • Biarkan selama sekitar 30 menit, lalu bersihkan.
  • Oleskan gel lidah buaya dua kali sehari.

Catatan penting saat menggunakan gel lidah buaya adalah tidak dapat digunakan pada luka yang terbuka.

  1. Minyak kelapa

Bahan lain yang juga direkomedasikan untuk menghilangkan bekas luka adalah minyak kelapa. Di dalam minyak kelapa terdapat kandungan vitamin dan juga anti oksidan yang mampu mempercepat proses penyembuhan luka serta mencegah timbulnya bekas luka secara permanen. Selain itu, terdapat juga beberapa kandungan lain yaitu asam laurat dan caprilat yang mampu menstimulus produksi kolage serta membantu peningkatan dan penyembuhan kulit yang rusak.

Cara penggunaan minyak kelapa untuk bekas luka:

  • Panaskan sedikit minyak kelapa.
  • Diamkan hingga terasa hangat
  • Oleskan pada bagian bekas luka, pijat secara perlahan selama 10 menit.
  • Diamkan minyak di atas kulit selama 1 jam agar kandungannya bisa menyerap dengan baik ke dalam kulit.

Anda bisa menggunakannya secara rutin agar bekas luka bisa cepat hilang.

  1. Minyak zaitun

Minyak lain yang juga mampu menghilangkan bekas luka adalah minyak zaitun. Minyak jenis ini juga diperkaya dengan kandungan vitamin E dan bisa membantu menjaga kulit tetap lembap serta meregenerasi kulit rusak dengan cepat.

Cara penggunaan minyak zaitun untuk bekas luka:

  • Oleskan minyak zaitun yang sudah dihangatkan ke area bekas luka dan pijat dengan cara gerakan melingkar.
  • Tunggu 30 menit, lalu bersihkan minyak dengan kain bersih.
  • Anda juga dapat membiarkan minyak zaitun pada kulit Anda semalaman baru dibilas keesokan harinya.

Pilihan lainnya adalah mencampurkan sedikit minyak lavender ke dalam minyak zaitun, oleskan pada area bekas luka dan pijat perlahan selama beberapa menit. Biarkan selama 20 hingga 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

  1. Lemon

Lemon mengandung alpha hydroxy acids yang memiliki sifat penyembuhan sehingga dapat membantu mengobati bekas luka. Lemon dapat mengangkat sel-sel kulit mati, meningkatkan pertumbuhan sel-sel kulit baru dan meningkatkan elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C dalam lemon juga membantu meregenerasi dan memperbaiki kulit yang rusak. Sifat pemutih lemon juga akan membantu mencerahkan bekas luka.

Cara penggunaan lidah buaya untuk bekas luka:

  •         Oleskan perasan air lemon pada area bekas luka. Jika Anda memiliki kulit sensitif maka dapat mencampurkan air lemon dengan air mawar atau menggunakan minyak vitamin E baru bisa mengoleskannya pada bekas luka.
  • Tunggu 10 menit agar kandungannya bisa meresap ke dalam kulit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Ulangi sekali setiap hari sampai bekas luka Anda memudar.

Catatan, karena lemon dapat membuat kulit menjadi peka terhadap cahaya, hindari keluar rumah dan membiarkan kulit di bawah sinar matahari jika sedang menggunakan olahan lemon.

  1. Madu

Madu adalah pelembab alami yang bisa membantu merawat kulit yang terdapat noda bekas luka. Secara efektif, madu juga bisa mencegah terjadinya sel-sel kulit mati penyebab kering pada kulit.

Cara penggunaan madu untuk bekas luka:

  • Oleskan madu pada bekas luka, tutup dengan perban dan biarkan semalam.
  • Keesokan paginya, cucilah dengan air hangat. Ulangi setiap hari sebelum tidur.

Pilihan lain untuk memanfaatkan madu adalah dengan membuatnya menjadi scrub dengan perbandingan jumlah madu dan gula yang sama. Oleskan bekas luka dan gosok perlahan selama beberapa menit. Bilas dengan air hangat, keringkan dan gunakan pelembab. Gunakan perawatan ini sekali atau dua kali seminggu.

Tips Perawatan Bekas Luka Lainnya

Selain cara di atas, berikut ini ada beberapa tips tambahan untuk perawatan bekas luka:

  • Hancurkan 1 atau 2 aspirin, tambahkan air secukupnya untuk membuat pasta dan oleskan pada bekas luka dua kali sehari.
  • Anda juga dapat menerapkan pasta gigi putih untuk membantu memudarkan warna bekas luka.
  • Hindari mendiamkan bekas luka langsung pada paparan sinar matahari, karena dapat memperlambat proses penyembuhan dan membuat bekas luka malah tampak lebih gelap.

Itulah 5  cara menghilangkan bekas luka dengan bahan herbal dan tips perawatan lainnya. Anda bisa menggunakan salah satu dari cara herbal di atas dengan rutin agar bekas luka bisa cepat hilang dan tidak membekas permanen pada kulit. Yang paling penting saat mendapatkan luka adalah jangan mencukil bagian luka kering karena itu malah akan memicu timbulnya bekas luka lebih lama, sebaiknya diamkan saja luka kering sampai bagian keringnya rontok sendiri atau oleskan beberapa ramuan herbal di atas.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*