7 Cara Mengobati Gusi Bengkak Dengan Resep Tradisional Berkhasiat

Saat menderita gusi bengkak, beberapa orang menyangka bahwa bagian yang sakit adalah gigi, karena letaknya berdekatan. Tak jarang pula keadaan sebaliknya ketika gigi terasa sakit, biasanya gusi juga turut bengkak akibat peradangan. Pada dasarnya kedua permasalahan ini berbeda meskipun bisa dikatakan penyebabnya sama, yakni kurangnya menjaga kebersihan di area gigi dan mulut, makanan yang mengandung banyak gula, atau mungkin juga bisa disebabkan oleh infeksi kuman yang timbul oleh sebab lain.

Gusi bengkak biasanya mudah berdarah jika terkena gesekan, misalnya saat kamu mengkonsumsi makanan atau menyikat gigi. Jika sudah demikian maka penderita gusi bengkak akan mengalami banyak masalah tambahan diantaranya adalah bau mulut.

Perlu diketahui bahwa penggunaan behel atau kawat gigi juga memicu terjadinya gusi bengkak, yakni ketika pemasangannya terlalu rapat ataupun karena kurang higienis. Bagi anda yang saat ini sedang menderita gusi bengkak, cobalah cara-cara berikut ini untuk mengurangi rasa sakit pada area gusi.

Gambar Gusi Bengkak
Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang

Air garam

Garam tidak hanya bermanfaat untuk membuat masakan menjadi lebih nikmat, tetapi ia juga memiliki peran yang sangat penting dalam hal pengobatan, salah satu diantaranya adalah untuk mengobati gusi yang bengkak. Yang perlu anda lakukan hanyalah mencoba untuk membuat mulut agar tetap bersih, lalu gunakan air garam untuk berkumur setidaknya 3 hingga 5 kali sehari. Akan lebih baik jika anda berkumur menggunakan air hangat.

Daun sirih

Daun sirih memiliki sifat anti bakteri alami yang bisa membasmi kuman akibat peradangan pada gusi. Namun penggunaan daun sirih ini akan lebih maksimal jika ditambahi dengan bahan lain yakni kunyit dan garam. Rebuslah ketiga bahan tersebut yakni 10 lembar daun sirih yang sudah tua, satu ruas jari kunyit dan satu sendok makan garam ke dalam 500 ml air. Gunakan air rebusan ramuan tradisional ini untuk digunakan berkumur.

Anda dapat mencoba salah satu cara tersebut, karena cara yang telah disebutkan di atas adalah sebuah metode pengobatan alami untuk gusi bengkak yang cukup aman dan tidak menimbulkan efek samping.

Untuk pencegahan, yang harus dilakukan adalah menyikat gigi secara rutin dan benar sehingga tidak ada sela-sela gigi yang masih terselip sisa makanan. Sebab adanya sisa makanan di sela-sela gigi akan memberikan kesempatan pada kuman dan bakteri untuk berkembang biak, selain bisa membuat gigi anda berlubang hal ini juga akan meningkatkan faktor resiko dari gusi bengkak.

Demikian adalah beberapa cara mengobati gusi bengkak dengan ramuan herbal semoga dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk anda.