9 Tips Memilih Kosmetik Pemutih Badan Yang Bagus dan Aman

Pemutih Badan Yang Bagus
Pemutih Badan Yang Bagus

Pemutih Badan Yang Bagus ~ Ada banyak orang yang dengan serius menggunakan produk pemutih badan secara rutin, salah satu tujuannya untuk mencerahkan dan menutrisi kulit agar lebih sehat. Oleh sebab itulah banyak sekali produsen kosmetik yang membanggakan khasiatnnya sebagai pemutih terpercaya. Tidak sedikit juga orang yang mencari kosmetik pencerah kulit bukan hanya untuk mengubah warna kulit mereka, namun juga agar bisa meratakan warna kulit secara keseluruhan. Namun, tantangannya sekarang adalah memilih kosmetik pemutih kulit yang tepat dan cocok dengan kulit Anda, karena alih-alih menggunakan kosmetik, kalau tidak cocok malah akan membuat alergi.

Tips Memilih Kosmetik Yang Bagus Dan Aman

1.Perhatikan kebutuhan kulit Anda

Ada banyak sekali jenis kosmetik dari berbagai macam merek, Anda tidak bisa sembarangan menggunakannya. Perhatikan dulu kebutuhan kulit Anda, apakah kulit Anda kering? Maka jangan gunakan kosmetik pemutih yang malah membuat kulit semakin kering, cari yang memiliki kandungan melembapkan. Pertimbangan-pertimbangan mengenai kondisi kulit sangat diperlukan karena tidak semua kosmetik dibuat dengan fungsi yang sama serta cocok untuk semua jenis kulit.

2.Perhatikan kandungan kosmetiknya

Saat membeli kosmetik sebaiknya jangan mudah terbujuk rayuan para SPG yang menawarkan produknya serta membanggakan khasiatnnya. Bukan dilarang, Anda hanya perlu berhati-hati karena tidak semua kosmetik akan berkhasiat hanya dengan rayuan SPG. Lihatlah pada kandungan kosmetik yang tertera di kemasannya, apakah mengandung zat berbahaya seperti merkuri atau tidak? Jika iya, sebaiknya jangan pernah membelinya karena itu malah akan meningkatkan resiko kerusakan pada kulit.

Berikut adalah beberapa kandungan berbahaya yang biasa digunakan pada kosmetik:

  • Hidrokuinon: Bisa menyebabkan kerusakan kulit jika digunakan lebih dari 2%.
  • Merkurius: dikenal juga dengan nama mercurio, mercuric, calomen, dan mercurous, bisa mengakibatkan kanker kulit.
  • Steroid dosis tinggi
  • Zat buatan seperti pewarna, malah akan membuat resiko kanker kulit semakit tinggi

Zat-zat berbahaya di atas sering kali dimasukan ke dalam berbagai jenis kosmetik baik dalam bentuk body lotion atau krim wajah. Memang khasiatnya akan bekerja secara instan namun bahayanya akan sangat beresiko pada kesehatan kulit.

3.Pilihlah produsen kosmetikan yang sudah terdaftar BPOM

BPOM atau singkatan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan merupakan sebuah lembaga yang berdiri di Indonesia, tugasnya adalah mengawasi peredaran obat serta makanan yang tersebar di Indonesia, termasuk salah satunya kosmetik.

Bagi perusahaan kosmetik yang ingin menjual produk buatannya diwajibkan mendapatkan izin terlebih dahulu dari BPOM. Bukti izin BPOM bisa menjadi jamin bahwa perusahaan tersebut terpercaya dan tidak memasukan bahan berbahaya ke dalam produknya. Sehingga saat Anda ingin membeli produk kosmetik pastikanlah bahwa produsen tersebut sudah mendapatkan izin dari BPOM dan menjual produk secara legal.

Pemutih Badan Yang Bagus
Pemutih Badan Yang Bagus

4.Menggunakan pencerah kulit yang sudah terkenal dan banyak di iklankan

Dengan adanya iklan mengenai produk kecantikan tertentu sebenarnya itu akan sangat membantu. Apalagi sekarang iklan bukan hanya bisa Anda dapatkan dari televisi, kalau Anda memai instagram biasanya banyak sekali selebgram yang memamerkan produk kosmetik yang digunakannya, itu bisa menjadi cara untuk memilih kosmetik terpercaya.

5.Lihat review dari internet

Saat ini banyak sekali beauty blogger, selebgram atau youtuber yang sering melakukan review produk kosmetik. Anda bisa coba melihat beberapa review tersebut apakah memang sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Anda juga bisa loh menemukan review yang sangat buruk dari sebuah produk kosmetik dari medsos, itu akan sangat membantu Anda untuk mempertimbangkan pembelian kosmetik.

6.Hindari kosmetik yang memberikan efek samping ketergantungan

Beberapa kosmetik kerap kali memiliki zat-zat tertentu yang jika digunakan akan memberikan efek samping ketergantungan. Sebaiknya, Anda jangan pernah sama sekali membeli kosmetik yang memberikan efek samping tersebut. Karena hal tersebut akan sangat membahayakan, saat Anda coba untuk tidak menggunakan kosmetiknya, Anda akan mendapatkan gejala-gejala aneh pada kulit, misalnya seperti kulit mulai berjerawat dan memerah.

7.Hentikan penggunaan kosmetik jika menimbulkan alergi

Pada beberapa kasus, ada saja kulit yang sangat sensitif sehingga saat menggunakan kosmetik tertentu kulitnya mula terserang alergi. Sebaiknya jika memang Anda sudah merasakan gejala alergi, hentikan penggunaan dan jangan pernah memakainya kembali. Gejala alergi sangat beragam dari mulai gatal-gatal, timbul bintik merah, mata merah hingga demam.

8.Hindarilah komposisi produk dengan kandungan resorsinol

Resorniso merupakan kandungan yang bisa mengakibatkan iritasi pada kulit serta mengganggu kinerja sistem imun tubuh. Jika terlalu sering menggunakan resorsino akan sangat membahayakan kulit apalagi yang memiliki kulit sensitif, Anda bisa saja mendapatkan luka pada kulit, iritas amata, iritasi kulit, methemoglobinemia, cyanosis, konvulsi, peningkatan detak jantung, dispepsia, hipotermia, hematuria dan bahaya lainnya.

9.Hindari kosmetik yang bisa merusak otak

Kosmetik tidak hanya mempengaruhi kulit saja, jika memang kandungan di dalamnya sangat berbahaya seperti kandungan Pb atau timbal maka akan mempengaruhi kerusakan otak. Bahkan pada anak-anak ini akan menyebabkan kerusakan secara permanen, menurunkan fungsi syaraf, menurunkan IQ anak, menurunkan pendengaran anak hingga mengakibatkan anemia. Sementara pada orang dewasa kandungan tersebut juga bisa menyebabkan hipertensi, kelainan jantung dan beberapa penyakit kronis lainnya.

Itulah 9 Tips memilih kosmetik pemutih badan yang bagus dan aman. Perhatikan beberapa hal di atas sebelum Anda akan membeli pemutih badan atau krim wajah, jangan sampai salah beli dan mengabaikan kandungan-kandungan di dalamnya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*