Cara Mengatasi Radang Tenggorokan Sebelum Pergi Ke Dokter

Sakit radang tenggorokan pasti sangat mengganggu. Biasanya sakit ini sebagai pertanda penyakit batuk, flu ataupun gangguan tenggorokan didahului dengan beberapa tanda. Tanda tersebut seperti serak, gatal, atau sakit bila digunakan untuk menelan. Bila hal ini terjadi pada Anda, segeralah mencari pertolongan pertama mengenai cara menangani radang tenggorokan yang dapat dilakukan sendiri di rumah. Hal ini dapat menjadi solusi sebelum Anda memutuskan untuk pergi ke dokter.

Cara menangani radang tenggorokan dengan mudah  

  1. Berkumur dengan air garam

Rasa sakit nyeri di tenggorokan dapat diredakan dengan berkumur menggunakan air garam. Cara ini terbukti efektif untuk mencairkan lendir sehingga bengkak yang ada di tenggorokan dapat berkurang. Selain itu, cara ini juga ampuh dalam menghilangkan bakteri yang menyebabkan iritasi sehingga rasa sakit saat menelan berkurang.

Cara menggunakannya garam sebagai obat tenggorokan sangat mudah. Caranya yaitu dengan melarutkan satu sendok teh garam meja di dalam segelas air hangat. Aduk hingga tercampur. Gunakan larutan untuk berkumur selama beberapa detik kemudian keluarkan. Ulangi lagi berkumur seperti tadi beberapa kali dalam sehari agar hasilnya menjadi maksimal.

  1. Perbanyak minum air putih

Salah satu cara menangani radang tenggorokan yaitu dengan minum air putih yang banyak sehingga tubuh tercukupi kebutuhan cairannya. Mengkonsumsi banyak cairan dapat meringankan rasa sakit sehingga radang di tenggorokan tidak semakin parah. Sebab, bila kebutuhan cairan tubuh tidak terpenuhi, tubuh akan kesulitan dalam memproduksi lendir dan air liur.

Hal ini akan membuat tenggorokan kehilangan kelembaban dan menjadi kering. Tentu saja ini akan memperparah pembengkakan dan peradangan. Keadaan lembab pada selaput lendir akan mempermudah tubuh dalam melawan bakteri yang menyebabkan iritasi sehingga mampu memerangi gejala sakit dan memperkuat kekebalan tubuh.

Minuman terbaik yang dapat dikonsumsi adalah air putih. Namun bila Anda ingin yang berbeda, teh jahe madu yang hangat atau teh tawar dapat dijadikan sebagai solusinya. Selain itu, Anda juga bisa mengkonsumsi sup ayam dengan kuah yang hangat. Kandungan sodium yang ada dalam sup dapat melawan peradangan. Tak hanya itu, memakan makanan saat tenggorokan sakit tentu saja tidak nyaman dan sulit. Sehingga sup dapat menjadi solusi dalam memenuhi kebutuhan makan Anda selama sakit.

  1. Mengkonsumsi permen pereda tenggorokan

Hal simpel yang bisa dilakukan dengan segera sebagai cara menangani radang tenggorokan adalah dengan mengkonsumsi permen pereda tenggorokan. Permen ini banyak dijual di pasaran dan biasanya dengan rasa mint. Anda akan mendapatkan efek sejuk dan sakit yang berkurang karena permen tersebut mengandung peppermint, menthol, eucalyptus. Semua bahan tadi dapat mempermudah penyembuhan, sebagai anti peradangan dan juga anti virus.

Selain itu, mengkonsumsi permen dapat membuat mulut agar tetap lembab dan basah karena air liur yang diproduksi semakin banyak. Namun Anda hanya dapat menggunakannya sebagai pereda tenggorokan dalam keadaan darurat saja karena efeknya tidak bertahan lama.

  1. Mengkonsumsi air perasan lemon

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan khasiat air lemon sebagai cara menangani radang tenggorokan. Lemon mengandung astringent yang membantu mengempiskan pembengkakan yang ada di tenggorokan. Selain itu air lemon juga menghasilkan lingkungan asam pada mulut dan tenggorokan yang berfungsi membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan iritasi.

Cara menggunakannya mudah yaitu dengan mencampur 1 sendok teh perasan lemon ke dalam segelas air hangat. Gunakan air tersebut untuk berkumur dalam beberapa detik dan lakukanlah beberapa kali dalam sehari. Cara ini tergolong efektif dalam mengatasi radang tenggorokan.

  1. Berkumur dengan menggunakan garam dan cuka apel

Untuk Anda yang menderita radang karena batuk yang parah, Anda dapat mengatasinya dengan garam dan cuka apel. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan satu sendok cuka sari apel di dalam segelas air yang hangat. Berkumurlah dengan campuran air tersebut beberapa kali dalam sehari agar hasilnya maksimal.

Cuka apel mengandung asam yang berfungsi sebagai pelapis tenggorokan dan membuat virus tidak dapat berkembang dan bertahan hidup. Bila sakitnya masih tergolong ringan, Anda dapat mencobanya dalam takaran yang lebih sedikit. Campurkan ¼ cangkir madu dengan ¼ cangkir cuka apel. Gunakan campuran tadi untuk berkumur dalam rentang 4 jam sekali.

  1. Berkumur dengan air kunyit

Berkumur dengan air kunyit adalah salah satu metode menangani radang tenggorokan. Kunyit mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melawan bakteri penyebab sakit tenggorokan. Caranya adalah dengan mencampur ½ sendok teh garam dan juga ½ sendok teh bubuk kunyit ke dalam segelas air hangat. Gunakanlah campuran tadi untuk berkumur dalam beberapa detik dan ulangi beberapa kali sehari untuk hasil yang maksimal.

Ternyata ada banyak sekali cara menangani radang tenggorokan yang dapat dicoba agar sakit yang dirasakan berkurang. Namun bila sudah beberapa hari keluhan radang tenggorokan tidak semakin membaik dan bertambah parah, segeralah periksakan ke dokter.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.