Tips Memilih Peluang Usaha Sampingan Yang Menguntungkan

Apakah Anda sedang berencana membuat sebuah usaha? Kalau iya, sudahkah menemukan usaha yang cocok? Beberapa orang yang baru saja memulai biasanya akan sedikit kebingungan. Tidak mudah memang untuk membuat sebuah usaha, karena banyak sekali yang harus dipertimbangkan, mulai dari usaha apa? Dimana? Bagaimana? Dan banyak lagi. Berikut ini ada beberapa tips memilih peluang usaha sampingan yang menguntungkan, Anda bisa coba mengikuti tips berikut untuk memulai usaha:

  1. Kenali diri Anda sendiri

Hal paling dasar yang perlu Anda lakukan adalah kenali diri sendiri. Anda mungkin memiliki keahlian tertentu seperti komputer, menjahit, membuat makanan, membuat kerajinan atau yang lainnya. Manfaatkanlah peluang yang Anda miliki dalam diri sendiri, ini bisa menjadi keuntungan tersendiri untuk Anda karena sudah memiliki pondasi dalam pembuatan usaha yang akan dijalani. Artinya Anda tidak akan terjun ke dalam dunia usaha atau bisnis tanpa tau apapun, tanpa tau hal-hal tentang bisnis yang Anda jalani.

  1. Pertimbangkan apakah usaha yang Anda pilih akan menjanjikan atau tidak

Hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mempertimbangkan, apakah usaha yang Anda pilih menjanjikan keuntungan atau tidak? Misalnya saja, karena bisa memasak maka Anda memiliki untuk membuat usaha makanan seperti kripik singkong, sebelum usaha benar-benar terlaksana Anda harus mempertimbangkan matang-matang, apakah banyak yang menyukai kripik singkok?

  1. Melihat kondisi pasar

Kondisi pasar maksudnya adalah Anda harus melihat bagaimana respon pembeli jika Anda menjual produk yang Anda buat, jangan sampai Anda hanya asal buat usaha tanpa tahu kondisi pasarnya. Bukannya untung ini malah bisa bikin buntung.

  1. Melakukan ATM (Amati Tiru Modifikasi)

Anda juga bisa loh melakukan ATM atau Amati produk orang lain, tiru produknya dan modifikasi produknya. Cara tersebut kerap kali digunakan oleh para pengusaha saat pertama kali ingin membuat usaha sampingan. Mereka akan memulai usaha dengan ATM pada produk orang lain, apakah ini salah? Tentu saja tidak, ini adalah strategi bagaimana Anda akan memilih usaha dan menjalankannya.

  1. Menjadi reseller

Apa mungkin Anda masih kuliah? Yang paling cocok dan tidak merepotkan saat ingin membuka usaha adalah menjadi reseller dari produk orang lain. Anda bisa menjual produk-produk yang sudah ada jadi tidak perlu repot untuk memproduksinya sendiri. Reseller juga sangat cocok untuk para ibu rumah tangga yang ingin membuat usaha sampingan. Keuntungan lain menjadi seorang reseller adalah saat barang Anda tidak habis maka barang tidak akan menumpuk di gudang. Beda halnya jika Anda memproduksi sendiri, kemudian barang produksi tidak laku, maka barang-barang tersebut malah akan menumpuk. Ada banyak penjual yang membuka peluang reseller, dari mulai produk kecantikan, pakaian hingga makanan.

  1. Manfaatkan peluang bisnis online

Tips memilih peluang usaha sampingan yang menguntungkan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan peluang bisnis online. Ya, sekarang ini penggunaan internet sebagai media pembelian barang yang diinginkan sangat berkembang pesat. Orang-orang mulai mempertimbangkan keuntungan saat melakukan pembelian online misalnya saja lebih mudah atau hemat ongkos. Sudah banyak para pembisnis yang mulai melakukan go online untuk memasarkan produk-produknya. Disamping menjadi reseller Anda juga bisa menerapkan bisnis online untuk memasarkan produk yang akan dijual.

Manfaatkan sosial media seperti instagram atau facebook yang saat ini masih menjadi tempat pembelian tertinggi. Atau kalau mau, Anda juga bisa loh membukan toko online di lapak-lapak e-commerce besar di Indonesia seperti.

  1. Cari usaha yang mudah dijalankan

Jika Anda seorang pemula, tentunya Anda tidak perlu memilih usaha yang terlalu rumit untuk dijalankan. Jika memang memiliki kemampuan sih ya tidak apa-apa, namun akan lebih baik Anda lakukan dari yang termudah lebih dulu. Seiring berjalannya waktu, usaha akan mulai berkembang jika Anda konsisten dan serius dalam menjalankannya.

  1. Usaha pulsa

Pernah tidak memikirikan untuk menjual pulsa? Ini sebenarnya bisa menjadi pilihan bisnis Anda yang mudah, murah dan tidak terlalu banyak memakan resiko tinggi. Banyak sekali yang membutuhkan pulsa, apalagi jika Anda tinggal disebuah gang yang antar satu tetangga dengan yang lainnya saling berdekatan, menjual pulsa akan lebih mudah dilakukan. Anda hanya perlu memasang plang “jual pulsa” di pintu rumah. Atau jika Anda mahasiswa, Anda bisa menjual pulsa pada teman-teman Anda.

  1. Pilih usaha yang tidak memakan waktu banyak

Dalam membuat usaha sampingan tentunya Anda harus memilih usaha yang tidak terlalu memakan waktu banyak, karena ini bukanlah pekerjaan utama Anda, apalagi jika Anda seorang mahasiswa akan sangat repot sekali rasanya harus mengurusi usaha yang terlalu memakan banyak waktu, bisa-bisa kuliah Anda malah keteteran. Pilihan menjadi reseller dan melakukan bisnis online bisa menjadi pertimbangan baik untuk Anda.

  1. Pilihlah peluang bisnis yang memiliki resiko kecil

Sebagian besar dari para pemula memilih peluang bisnis yang mempunyai resiko kecil. Hal tersebut sengaja dilakukan agar jika suatu saat usahanya tidak berjalan dengan lancar, mereka tidak perlu menanggung kerugian yang cukup besar.

Itulah 10 tips memilih peluang usaha sampingan yang menguntungkan. Bagaimana, sudah tergambar ingin membuka usaha apa? Jangan terburu-buru ya, agar Anda tidak salah mengambil langkah yang akhirnya malah akan menyebabkan kerugian. Pertimbangkan beberapa hal di atas dengan matang, kalau perlu mintalah pendapat orang-orang terdekat mengenai bisnis apa yang cocok Anda jalankan.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*